Jumat, 28 November 2014

News / Edukasi

BEASISWA LUAR NEGERI

6 Juni, Beasiswa ADS ke Australia Dibuka

Rabu, 1 Juni 2011 | 10:54 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Australia kembali meluncurkan program beasiswa Australian Development Scholarships (ADS), yaitu program beasiswa yang dibiayai melalui AusAID untuk program studi S-2 dan S-3 tahun ajaran 2011/2012 di universitas-universitas Australia. Beasiswa ini terbuka bagi sektor pemerintah dan swasta.

Prioritas beasiswa ini diberikan untuk bidang-bidang studi yang menunjang tujuan peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dan pembangunan yang akan mendukung, yaitu Pertumbuhan Berkelanjutan dan Manajemen Ekonomi; Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia; Demokrasi, Keadilan dan Pemerintahan yang Baik; serta Keamanan dan Perdamaian.

Adapun prioritas beasiswa ADS akan dialokasikan ke provinsi-provinsi yang menjadi target Strategi Kerjasama Pembangunan Australia Indonesia 2008-2013. Untuk tahun 2011-2012 prioritas diberikan kepada geographic focus area, yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

Skema beasiswa ADS mencakup antara lain: 

• Biaya pendidikan; yaitu seluruh biaya akademis dan biaya-biaya lain yang bersifat wajib bagi siswa internasional

• Bantuan tutorial tambahan: yaitu biaya yang bila dibutuhkan sebagai bantuan tutorial akan diberikan pada siswa yang mengalami kesulitan mata kuliah tertentu untuk membantu proses belajar.

• Biaya perjalanan; yaitu penerbangan kelas ekonomi ke dan dari Australia pada awal dan akhir masa beasiswa.

• Kerja lapangan di luar Australia; biaya yang diberikan bila riset mencakup setidaknya 50 persen dari program, siswa dapat menerima satu kali tiket PP ke Indonesia untuk melaksanakanya.

• Anggaran pemukiman; biaya ini diberikan satu kali pada awal masa studi di Australia.

• Penyertaan keluarga; Keluarga (isteri/suami dan anak-anak) boleh ikut serta ke Australia atas biaya sendiri jika telah memenuhi persyaratan AusAID dan imigrasi.

• Biaya Hidup; biaya yang diberikan sebagai tunjangan hidup selama siswa studi di Australia. Besarnya jumlah tunjangan untuk perorangan atau berkeluarga adalah sama.

• Asuransi Kesehatan: skema ini diberikan bagi penerima beasiswa saja selama masa studi di Australia.

• Pelatihan Bahasa Inggris; program ini tersedia untuk tujuan akademis dan merupakan bagian dari beasiswa dan wajib diikuti.

• Biaya Perjalanan reuni keluarga: yaitu biaya untuk penerbangan kelas ekonomi ke dan dari Indonesia untuk setiap akhir tahun ajaran. Ini tidak belaku bagi siswa yang hanya menjalankan progam studi 1 tahun. Biaya ini berlaku bagi siswa yang belum berkeluarga maupun yang sudah berkeluarga, namun tidak membawa serta keluarganya.

Bagi yang berminat, infomasi lengkap mengenai syarat pendaftaran, contoh bidang studi, atau skema beasiswa bisa langsung mengunduhnya di http://adsindonesia.or.id. Aplikasi dibuka pada 6 Juni 2011 dan ditutup 26 Agustus 2011. Formulir pendaftaran beasiswa ADS ini juga bisa diperoleh di berbagai institusi seperti Pusdiklat tiap departemen, Rektorat Universitas negeri dan swasta, Kopertis, BUMN, Kantor Cabang IALF, Kantor cabang IDP, Kantor ADS di Jakarta.


Editor : Latief