Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20.234 Siswa Tidak Lulus UN SMP/MTs

Kompas.com - 03/06/2011, 04:51 WIB

Jakarta, Kompas - Sebanyak 20.234 siswa dari total 3.660.803 siswa atau 0,55 persen jumlah peserta ujian nasional jenjang SMP/MTs tahun 2010/2011 tidak lulus. Terdapat pula 12 sekolah yang 100 persen siswanya tidak lulus dengan jumlah 91 siswa.

”Sebaliknya, ada 40.218 sekolah dengan 3.140.664 siswa yang 100 persen siswanya lulus,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Rabu (1/6) di Jakarta. ”Ada peningkatan angka kelulusan tahun ini yakni sebesar 0,3 persen,” ujarnya.

Jumlah siswa tidak lulus terbanyak ada di Jawa Tengah, yakni sebanyak 4.823 siswa dari 505.393 peserta.

Menurut Nuh, nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia 7,49. Nilai maksimum yang diraih siswa 9,90, sedangkan nilai terendah 0,80. ”Dibandingkan mata pelajaran lain, nilai rata-rata Bahasa Indonesia termasuk yang paling rendah,” kata Nuh.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional Mansyur Ramly menambahkan, rendahnya nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena lemahnya kemampuan dalam membaca. Padahal, soal-soal Bahasa Indonesia umumnya diawali dengan soal bacaan.

”Mungkin karena terburu-buru waktu dan belum terbiasa membaca cepat. Apalagi jawaban dari soal-soal Bahasa Indonesia kalau tidak sempurna pemahamannya akan sulit memilih jawaban karena mirip-mirip,” kata Mansyur.

Meski demikian, kata Mansyur, pihaknya masih perlu memetakan alasan rendahnya nilai Bahasa Indonesia agar bisa dilakukan perbaikan materi soal, peningkatan kemampuan guru, atau perbaikan kurikulum.

Intervensi

Bagi 12 sekolah yang 100 persen siswanya tidak lulus UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdiknas Suyanto mengatakan, kemungkinan sekolah-sekolah itu akan digabung dengan sekolah terdekat jika jumlah siswanya dinilai terlalu sedikit.

”Yang jelas tidak dibubarkan. Rasio guru dan siswa yang timpang secara pedagogik juga tidak baik,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com