Rabu, 23 April 2014

News / Edukasi

Perlu Dirumuskan Metode Pengajaran PAUD

Kamis, 9 Juni 2011 | 15:11 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, diperlukan rencana strategi tentang standar-standar dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini (PAUD). Menurutnya, pendidikan tidak harus dimulai sejak dini, tetapi juga harus didukung dengan sumber daya yang kompeten dan kebijakan untuk mendorong tercapainya PAUD yang berkualitas dan merata.

"Saya setuju jika pendidikan dimulai sejak dini. Sementara, saat ini terjadi kesenjangan pada komitmen pelaksanaannya," kata Hetifah, Kamis (9/6/2011), di Gedung DPR RI, Jakarta.

Hetifah memaparkan, meski dengan kompetensi terbatas, sesungguhnya banyak orangtua yang berminat untuk terjun langsung dalam pelaksanaan PAUD. Oleh karena itu, perlu adanya standar metode pengajaran PAUD.

"PAUD itu macam-macam bentuknya. Ada yang bagus tapi biayanya mahal dan tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan. Sehingga, para orangtua yang tidak bisa memasukkan anaknya mengikuti PAUD akan mempunyai perasaan tertinggal," lanjutnya.

Ia mengusulkan, diadakan sebuah kegiatan transfer metode dan meningkatkan kompetensi guru dengan cara yang sederhana. "Beri pencerahan kepada orangtua melalui pendidikan formal ataupun informal. Selain itu, pemerintah juga harus membantu pengadaan buku-buku cerita dengan tema-tema yang membangun karakter, wawasan kebangsaan yang sesuai dengan anak," ujarnya.

Selain itu, Hetifah menekankan, perlunya memperkenalkan nilai-nilai Pancasila kepada anak sejak usia dini. "Bisa melalui buku-buku tersebut dan saya harap mereka (pemerintah) berpikir ke arah sana," katanya.


Editor : Inggried