Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Akan Presentasikan 199 Riset

Kompas.com - 13/06/2011, 16:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) akan mempresentasikan 199 hasil riset kepada para staf pengajar yang ada di lingkungan kampus UI dari seluruh Fakultas di hadapan para reviewer. Presentasi hasil riset ini akan disampaikan pada Seminar Laporan Akhir Hibah Riset UI tahun 2010 pada hari Selasa (14/6/2011) dan Rabu (15/6/2011), di Gedung Engineering Center Fakultas Teknik UI, Kampus Depok. Demikian informasi yang diperoleh Kompas.com, dari pernyataan pers UI, Senin (13/6/2011).

Para dosen yang berasal dari 12 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana akan memaparkan hasil penelitian yang telah mereka teliti. Hasil penelitian yang akan dipresentasikan diantaranya adalah Pengembangan Entrepreneurial University (Fakultas Psikologi), Produksi Bahan Bakar Bio Non-ester dari Minyak Jarak (Fakultas Teknik), Studi Pemanfaatan Limbah Botol Plastik (Fakultas Teknik), Bangunan Sakral dan Profan dalam Masyarakat Sunda Kuno (Fakultas Ilmu Budaya), Tanggung Jawab Negara dalam Pencemaran Asap Lintas Batas (Fakultas Hukum), Analisis Kebijakan Akuntansi Syariah (Pascasarjana), Praktik Perlindungan Anak dalam Online Child Pornography (Fakultas ilmu Sosial dan ilmu Politik), Aktifitas Penyembuhan Luka Diabetik (Fakultas Matematika dan IPA), dan Aktivitas Bayam Duri dan Sambiloto (Fakultas Kedokteran).

Selama tahun 2010, UI telah menyiapkan lebih dari Rp11 miliar dana hibah riset untuk mendanai penelitian para staf pengajar dari 12 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana di UI.  Dengan adanya penelitian-penelitian ini, diharapkan bisa memberikan sumbangsih dalam meningkatkan peradaban dunia dengan menghasilkan karya cipta yang mendukung peningkatan martabat manusia.

Untuk menuju universitas riset kelas dunia (world class university) perlu dikembangkan budaya organisasi yang kondusif, berlandaskan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan integritas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com