Senin, 24 November 2014

News / Edukasi

Penerimaan Mahasiswa Baru

Siap-siap, Ujian Masuk Bersama PT 9 Juli!

Kamis, 16 Juni 2011 | 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian masuk bersama perguruan tinggi negeri (UMB-PT) 2011 akan digelar pada 9 Juli 2011 mendatang. Ketua Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN), Asman Boedisantoso mengatakan, UMB-PT akan mengutamakan kualitas, layanan profesional (cepat akurat) dan mempertimbangkan kesempatan sama yang lebih luas bagi calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi. Dengan ujian melalui UMB-PT, calon peserta dapat memilih lima sampai tujuh program studi di universitas yang menjadi pilihannya.

"Ini upaya kami untuk melengkapi. Karena mereka yang tidak lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) mempunyai kesempatan untuk mengikuti UMB-PT ini," kata Asman, kepada wartawan, Kamis (16/6/2011), di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat.

Pada tahun 2011 ini, UMB-PT diikuti oleh 12 perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu Universitas Syiah Kuala Malikussaleh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Universitas Jambi, Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Palangka Raya dan UIN Alaudin Makassar. Selain itu, juga diikuti oleh delapan perguruan tinggi swasta (PTS) seperti Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Yarsi, Universitas Bakrie, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Trisakti, Universitas Widyatama, Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan International Development Program.

"Tahun ini SPMB tampil beda. Tadinya lokal, sekarang go internasional. Ditambah PTS dan IDP, ini adalah kesempatan emas," kata Asman

Adapun untuk pelaksanaanya, UMB-PT akan digelar secara serentak di sebelas panitia penyelenggara lokal (PPL), yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Jakarta, Lhokseumawe, Purwokerto, Semarang-Unnes, Semarang-Undip, Palangka Raya, Makassar dan 12 outlet di Padang, Palembang, Bengkulu, Lampung, Bogor, Bandung, Cirebon, Tangerang, Yogyakarta, Pontianak, Samarinda dan Surabaya.


Editor : Inggried