Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 10.000 Kursi PTN di UMB 2011

Kompas.com - 16/06/2011, 15:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ujian masuk bersama perguruan tinggi atau UMB-PT 2011 yang akan digelar pada 9 Juli mendatang menjadi arena bagi para calon mahasiswa memperebutkan 10.238 kursi yang disediakan pada 467 program studi di 12 perguruan tinggi negeri  dan 8.377 kursi pada 130 porogram studi di perguruan tinggi swasta. Ujian tulis UMB-PT sendiri berdasarkan tes nalar berbasis kurikulum, meliputi tes nalar Sains, tes Matematika dan bahasa, serta tes nalar ilmu sosial yang dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.15 WIB atau pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.15 WITA.

Ketua perhimpunan seleksi penerimaan mahasiswa baru Nusantara (P-SPMBN), Asman Boedisantoso, mengatakan, UMB-PT menggunakan soal terbaik yang dibuat oleh para pakar yang telah berpengalaman dan dijamin kualitasnya.

"Soal terbaik dan tanpa subyektivitas. Satu butir soal harganya Rp 3 juta," ujar Asman kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2011) di Jakarta.

Untuk pendaftarannya dapat diakses melalui www.spmb.or.id atau www.penerimaan.spmb.or.id/umb/utama mulai  1 Juli-7 Juli 2011. Hasil UMB-PT akan diumumkan mulai pukul 18.00 pada tanggal 17 Juli 2011 melalui http://penerimaan.spmb.or.id. Adapun biaya pendaftaran untuk semua kelompok (IPA, IPS, dan IPC)  dari Rp 275.000  hingga Rp 500.000.

Pada tahun 2011 ini UMB-PT diikuti oleh 12 perguruan tinggi negeri (PTN), yaitu Universitas Syiah Kuala Malikussaleh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Universitas Jambi, Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Palangka Raya, dan UIN Alaudin Makassar. Selain itu, juga diikuti oleh delapan perguruan tinggi swasta (PTS), seperti Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Yarsi, Universitas Bakrie, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Trisakti, Universitas Widyatama, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, dan International Development Program.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com