Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore... Peserta UMB-PT Bisa Pilih 7 Jurusan!

Kompas.com - 16/06/2011, 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT) tahun ini tampaknya akan bisa menjadi alternatif pilihan. Setidaknya, hal itu menjadi pilihan kedua setelah gagal lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Pasalnya, tahun ini para peserta UMB-PT dapat memilih tujuh program sekaligus di tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta.

"Seperti yang saya katakan, UMB-PT itu untuk melengkapi. Saya yakin karena ada ratusan ribu calon mahasiswa yang tidak lolos SNMPTN," kata Ketua Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN) Asman Boedisantoso kepada para wartawan, Kamis (16/6/2011) di Jakarta.

Peserta UMB-PT dibagi ke dalam dua kelompok ujian dan dipecah menjadi beberapa jenis kategori biaya. Jenis pertama, peserta untuk kelompok ujian IPA dan IPS dengan biaya pendaftaran Rp 275.000 sampai Rp 375.000.

Jenis kedua, peserta yang memilih kelompok ujian IPC (IPA dan IPS). Peserta pada kelompok ini dikenai biaya pendaftaran mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 400.000. Para peserta UMB-PT dapat memilih lima sampai tujuh program studi, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Pendaftaran UMB-PT dapat dilakukan melalui www.spmb.or.id atau www.penerimaan.spmb.or.id/umb/utama mulai tanggal 1 Juli sampai 7 Juli 2011 pukul 24.00. Adapun ujian dilaksanakan pada 9 Juli 2011.

Hasil UMB-PT akan diumumkan mulai pukul 18.00 pada 17 Juli melalui http://penerimaan.spmb.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com