Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Mahasiswa Papua Lulus Seleksi UKSW

Kompas.com - 17/06/2011, 21:51 WIB

SENTANI, KOMPAS.com — Sebanyak 30 calon mahasiswa Program Penelusuran Pengembangan Putera Puteri Papua asli Kabupaten Jayapura berhasil lulus mengikuti seleksi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Ke-30 calon mahasiswa tersebut dinyatakan lulus setelah mengikuti ujian seleksi selama tiga hari mulai Rabu (15/6/2011) sampai Jumat (17/6/2011) dengan materi ujian Bahasa Ingris, Matematika, Logika, psikologi, dan wawancara, dengan persaingan yang cukup ketat.

Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Jayapura Drs Maichel Wutoy, MM, di Sentani, Jumat, mengatakan, ke-30 siswa itu dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan pendidikan selama tiga tahun di UKSW dengan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Jayapura.

"Bagi yang dinyatakan lulus hari ini, mereka mengambil formulir pernyataan untuk ditandatangani siswa dan orangtua dikembalikan besok," katanya.

Ia mengatakan, dalam surat pernyataan tersebut, segala peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura telah tercantum, termasuk ketepatan waktu yang telah ditentukan untuk menyelesaikan pendidikan, yaitu hanya tiga tahun.

Dikatakan, dalam surat pernyataan itu ada beberapa poin yang dipertegas, di antaranya, mereka harus bisa mempertahankan indeks prestasi dan mereka dilarang melakukan tindakan yang melanggar hukum. Jika mereka melanggar pernyataan itu maka harus dikeluarkan.

Untuk itu, meskipun pada Sabtu (18/6/2011) besok adalah hari libur, pihaknya tetap membuka ruangan BKD untuk melayani calon mahasiswa yang dinyatakan lulus tersebut, mengingat banyak formulir termasuk dari UKSW yang harus dilengkapi.

Diharapkan, saat keberangkatan mereka ke UKSW Salatiga pada 10 Juli, semua yang berhubungan dengan persoalan administrasi telah selesai.

"Pada saat pemberangkatan semuanya sudah beres, termasuk kesiapan mahasiswa, sehingga mereka setibanya di sana langsung bisa mengikuti proses perkuliahan," terangnya.

Ujian seleksi masuk UKSW dengan biaya Pemerintah Kabupaten Jayapura periode 2010-2011 diikuti sebanyak 150 calon mahasiswa, tetapi pada hari kedua gugur 90 siswa menjadi 60 siswa. Dari 60 siswa, kemudian diambil 30 siswa. Ke-30 siswa tersebut akan mengambil Jurusan Infomatika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com