Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD di DKI Jakarta Lulus 100 Persen

Kompas.com - 20/06/2011, 09:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh siswa sekolah dasar (SD) baik negeri maupun swasta di DKI Jakarta dinyatakan 100 persen lulus. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi M, saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/6/2011) pagi. Hari ini, pengumuman kelulusan SD dilakukan secara serentak.

"Alhamdulillah, 100 persen lulus semua. Baik SD negeri maupun swasta," kata Taufik singkat.

Pada tahun 2010 lalu, tingkat kelulusan 99,98 persen, dengan nilai rata-rata 21,46. Adapun, pada tahun ini nilai rata-rata mencapai kenaikan yaitu 22,82 dengan tingkat kelulusan 100 persen. Nilai rata-rata untuk tiga mata pelajaran pada tahun ini adalah Bahasa Indonesia 8,22, Matematika 7,39 dan IPA 7,21.

Sedianya, pengumuman kelulusan dilakukan pada Sabtu (18/6/2011). Namun, pengumuman diundur sesuai instruksi Kementerian Pendidikan Nasional. Selain ditentukan oleh nilai ujian nasional (UN), kelulusan siswa juga ditentukan oleh nilai sekolah (NS) dan nilai akhir (NA).

Sebelumnya, pelaksanaan ujian nasional tingkat SD di DKI Jakarta diwarnai dengan dugaan kecurangan. Salah seorang orangtua siswa SD 06 Petang Pesanggrahan melaporkan kepada Komnas Perlindungan Anak bahwa putranya diminta guru untuk berbuat curang dengan memberikan jawaban kepada teman-temannya. Dugaan ini kemudian direspons oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan membentuk tim investigasi. Namun, proses ini tidak menghalangi pengumuman kelulusan yang dijadwalkan hari ini.

"Bukannya mengecilkan dugaan kasus tersebut, tetapi terlalu kecil bila disangkutpautkan dengan pengunduran pengumuman UN SD ini. Masak hanya gara-gara satu sekolah, 2.229 SD negeri dan 700 lebih SD swasta harus menanggung akibatnya," ujar Taufik, kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com