Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Siswa SMP/SMA Dapat Beasiswa GN-OTA

Kompas.com - 20/06/2011, 18:45 WIB

BATULICIN, KOMPAS.com — Sebanyak 40 siswa berprestasi tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Tanah Bumbu mendapat beasiswa dari organisasi Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) setempat.

Penyerahan beasiswa dilakukan langsung kepada para siswa oleh Ketua GN-OTA Kabupaten Tanah Bumbu Hj Erwinda Mardani, di Kantor Sekretariat PKK Tanah Bumbu, Senin (20/6/2011).

"Mudah-mudahan bantuan bagi anak kurang mampu dan berprestasi bermanfaat untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi sehingga mereka bisa memperoleh pendidikan yang layak untuk meningkatkan prestasinya kembali," kata Erwinda Mardani saat menyerahkan batuan tersebut.

Menurut Erwinda, GN-OTA merupakan gerakan orang tua yang dibentuk pemerintah bersama masyarakat sebagai upaya menumbuhkan kepedulian dan peran sertanya sebagai orang tua asuh bagi siswa kurang mampu.

Seluruh lapisan masyarakat, termasuk badan usaha yang mempunyai kelebihan rezeki, diharapkan kesediaanya untuk menyisihkan sedikit dana guna membantu dunia pendidikan melalui gerakan tersebut.

"Saya mengimbau masyarakat yang mempunyai rezeki lebih bisa menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yang tidak mampu dan berprestasi. Selain bersifat ibadah, hal ini juga sebagai upaya membantu dunia pendidikan," ujarnya.

Jumlah bantuan beasiswa yang diberikan siswa SMP masing-masing sebesar Rp 250 ribu per orang. Sementara siswa SMA dan sederajat masing-masing sebesar Rp 300 ribu per orang.

Selain memberi beasiswa, Ketua GN-OTA yang juga istri Bupati Tanah Bumbu tersebut menyerahkan bantuan beasiswa kepada anak berprestasi juara 1 lomba cerdas cermat tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dari SMA Negeri 1 Kusan Hilir dan Juara III Pelatihan Manajemen Otak yang diraih oleh SMA Negeri 1 Kusan Hilir.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya bagi siswa yang bersangkutan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com