Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Mahasiswa, 2 Siswa SMA Ikuti PPAN

Kompas.com - 24/06/2011, 15:22 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Lima pemuda dari Provinsi Kalimantan Timur berangkat ke Kanada, Jepang dan Malaysia, terkait program pertukaran pemuda antarnegara (PPAN).

Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy saat melepas lima pemuda tersebut di Samarinda, Jumat, mengharapkan mereka ikut mempromosikan aset dan potensi daerah ini di luar negeri.

Lima pemuda itu masing-masing Margana Tosa dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, yang mengikuti PPAN ke Malaysia, Nadia Mustika R (Unmul) ke Kanada, Rahmad Mihanda B (Unmul) ke Jepang, dan dua pelajar SMA Negeri 2 Samarinda ke Jepang.

Ia mengatakan, promosi ke luar negeri yang diharapkan dari lima pemuda itu antara lain menjelaskan tentang potensi kekayaan alam, wisata, investasi, lingkungan, pendidikan, maupun seni dan budaya yang tersebar di 14 kabupaten dan kota di Kaltim.

Lima pemuda tersebut sebelumnya mengikuti seleksi ketat yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, di antaranya kemampuan bahasa asing, psikotes, pengetahuan umum, seni budaya, serta tes wawancara yang melibatkan Unmul, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pendidikan.

Farid mengaku bangga dengan lima pemuda itu karena tidak semua orang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pemuda antarnegara.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan apresiasi tingi terhadap lima putra dan putri terbaik Kaltim yang masih berstatus mahasiswa dan pelajar ini, diharapkan ilmu dan wawasan mereka semakin bertambah," ujarnya.

Dia juga berpesan agar memperhatikan perilaku dan budaya karena selama di luar negeri para pemuda itu akan tinggal di rumah penduduk dan memiliki orang tua angkat. "Ambillah hal-hal yang positif selama di luar negeri, berlakulah sopan kepada semua orang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com