Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39 Tim Ikuti Kompetisi Roket

Kompas.com - 25/06/2011, 15:40 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.COM - Sedikitnya 39 tim dari 36 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2011 yang digelar di Pantai Pandansimo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kompetisi berlangsung dari 25 hingga 27 Juni 2011. .

Koordinator kompetisi, Dr Agfianto Eko Putro, mengatakan  40 tim peserta merupakan hasil seleksi dari 73 tim yang mengajukan proposal rancang bangun muatan roket ke panitia.

"Seleksinya sangat ketat, dan mereka yang telah lolos seleksi wajib mengirimkan laporan kemajuan rancang bangun mereka," kata Agfianto saat ditemui pada acara pembukaan Komurindo, Sabtu (25/6/2011).

Agfianto menjelaskan, Komurindo tahun ini bertema Attitude Monitoring and Surveillance. Tahun ini, kompetisi yang digelar tiap tahun ini adalah penyelenggaraan keempat. 

Kompetisi ini diselenggarakan dalam upaya mencari bibit unggul yang berminat menggeluti teknologi kedirgantaraan, khususnya roket. 

"Teknlogi kedirgantaraan khususnya roket memiliki nilai strategis baik dalam keadaan damai maupun untuk keperluan pertahanan. Negara manapun yang secara mandiri menguasai teknologi roket akan disegani oleh bangsa-bangsa di dunia," tegas Agfianto.

Kompetisi kali ini dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama, yaitu uji fungsional dan integrasi muatan dilangsungkan hari ini. Sementara tahap kedua, uji terbang muatan pada Minggu (26/6/2011) dan presentasi data hasil ujian terbang di hadapan juru merupakan tahap tiga yang akan diselanggarakan Senin (27/6/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com