Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Indonesia Raih Beasiswa Jerman

Kompas.com - 28/06/2011, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayang, siswi lulusan SMA Gonzaga Jakarta, berhasil menyelesaikan Studienkolleg Indonesia dengan nilai luar biasa. Pelajar Indonesia ini berhak mendapat beasiswa untuk mengikuti program studi Kedokteran di Jerman dari Deutscher Akademischer Austauschdienst/Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD).

Luki Hermanto dari Bagian Pers dan Budaya Kedutaan besar Jerman untuk Indonesia, di Jakarta, Selasa (28/6/2011), mengatakan beasiswa diberikan kepada Mayang pada saat berlangsungnya acara wisuda lulusan Studienkolleg Angkatan ke-15 pertengahan Juni lalu di Jakarta. Mayang beserta 21 lulusan Studienkolleg lainnya akan segera berangkat ke Jerman.

Beasiswa diberikan selama maksimal lima tahun, tetapi dalam hal-hal tertentu beasiswa dapat diperpanjang untuk melanjutkan studi ke tingkat Master (S-2), bahkan hingga tingkat Doktoral (S-3). DAAD yang biasanya hanya menangani mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan jenjang Master (S-2), dalam rangka program "Sekolah Jerman di Luar Negeri", dapat memberikan beasiswa kepada lulusan terbaik Studienkolleg Indonesia maupun kepada lulusan terbaik (Abitur) di Deutsche Internationale Schule (DIS).

Program terlaksana atas kerjasama Studienkolleg Indonesia dengan Universitas Leibniz Hannover dan dibiayai oleh Yayasan Indonesia - Jerman.

Sejak tahun 2003, Studienkolleg Indonesia mempersiapkan siswa-siswi lulusan SMA / SMU untuk dapat melanjutkan studi di Jerman. Di bawah tanggung jawab Yayasan Indonesia-Jerman, Studienkolleg Indonesia merupakan hasil kerjasama antara Studienkolleg Niedersachsen Universitas Hannover (NiedersTMchsisches Studienkolleg der UniversitTMt Hannover) dan Sekolah Internasional Jerman (Deutsche Internationale Schule / DIS).

Studienkolleg Indonesia adalah sampai sekarang satu-satunya "college" Jerman di dunia yang mempersiapkan, melatih dan menguji calon mahasiswa asing sebelum mereka berangkat ke Jerman. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Indonesia masuk ke beberapa Universitas terbaik di jantung Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com