Jumat, 19 Desember 2014

News / Edukasi

PPDB SMP DKI

Dipastikan Tak Ada Bangku Kosong!

Selasa, 28 Juni 2011 | 19:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyediakan 64.387 kursi bagi para calon siswa untuk tingkat SMP pada tahun ajaran 2011/2012. Pendaftaran tahap pertama telah dibuka sejak 26 Juni 2011. Hingga saat ini, jumlah yang mendaftar sudah melebihi target yakni 165 ribu siswa dari DKI Jakarta dan 21.983 siswa dari luar DKI. Adapun, kuota yang ditetapkan untuk siswa dari DKI Jakarta sebanyak 61.411 siswa dan luar DKI Jakarta 3.093 siswa.

"Jadi, untuk peserta didik luar Jakarta mendapat kuota lima persen dari total bangku," ungkap Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto di Jakarta, Selasa (28/6/2011).

Melihat antusiasme jumlah pendaftar, dipastikan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tidak akan ada bangku kosong seperti yang terjadi pada PPDB tingkat SD.

Selain memberikan kuota bagi luar DKI, pada PPDB kali ini, juga memberikan kuota untuk calon peserta didik berprestasi sebanyak lima persen dari daya tampung tahap pertama. Serta memberikan kuota calon peserta didik baru sekolah inklusi sebanyak dua orang setiap kelas.

"PPDB SMP tahap pertama ini juga bersamaan dengan pelaksanaan PPDB SD tahap ketiga untuk memenuhi 17 ribu bangku kosong yang belum terisi," kata Taufik.

Pendaftaran peserta didik baru sendiri telah dibuka sejak 26 Juni 2011. "Pengumuman tahap pertama akan dilakukan pada Kamis (30/6/2011) mendatang. Selanjutnya, peserta didik ditunggu untuk melaporkan diri hingga dua hari berikutnya," jelasnya.

Ia mengungkapkan, jika peserta didik yang diterima tidak melaporkan diri, maka akan terblokir dan tidak bisa kembali mendaftar pada tahap kedua. Selanjutnya, ia menjelaskan,   bagi yang tidak mendaftar di tahap pertama, juga tidak akan mendapat kesempatan untuk mengikuti tahap kedua.

Untuk PPDB tingkat SMA dan SMK juga dilakukan secara bersamaan dengan SMP dan SD. Pendaftar pun berhak memperebutkan bangku yang tersedia sebanyak 27.737 untuk SMA dan 11.018 untuk SMK.

"Pelaksanaan PPDB secara bersamaan ini sangat langka. Semuanya serentak dilakukan pada minggu ini," tandasnya.


Editor : Inggried