Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

118.233 Peserta Lolos SNMPTN 2011

Kompas.com - 30/06/2011, 03:13 WIB

Jakarta, Kompas - Dari total 540.953 peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, sebanyak 118.233 dinyatakan lolos ujian tertulis dan keterampilan.

Dari jumlah peserta yang diterima, 56.856 peserta berasal dari kelompok IPA dan 61.377 kelompok IPS.

Daya tampung yang tersedia di seluruh perguruan tinggi negeri peserta SNMPTN tahun ini sebanyak 119.041 kursi.

”Dari alokasi ini hanya 118.233 peserta yang lolos seleksi sehingga masih ada 808 kursi yang kosong,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional, Djoko Santoso, Selasa (28/6), di Jakarta.

Kursi kosong, kata Ketua Panitia SNMPTN 2011 Herry Suhardiyanto, jumlahnya menurun drastis jika ketimbang tahun lalu yang mencapai 4.173 kursi. ”Kursi kosong terjadi di sejumlah program studi yang dianggap masyarakat tidak favorit,” katanya.

Herry mengatakan, terdapat sekitar 154.954 peserta yang sebenarnya tergolong siswa cerdas dan nilainya di atas rata-rata tetapi tidak lolos SNMPTN. Ini, antara lain, disebabkan mereka kurang taktis dalam memilih program studi.

”Mereka hanya mau memilih program studi favorit di PTN yang memiliki tingkat persaingan sangat tinggi, padahal daya tampungnya terbatas,” katanya.

Sebaliknya, ada PTN atau program studi yang justru kurang peminat padahal daya tampungnya cukup banyak sehingga terjadi kekosongan kursi. ”Ada peserta dengan nilai 90 tetapi tidak lolos. Ada juga yang nilainya hanya 30 tetapi lolos,” ujarnya.

Tiga bidang

Untuk mengantisipasi membeludaknya peminat pada program studi tertentu, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, tahun depan akan menambah kapasitas daya tampung program studi terutama pada bidang teknik, sains, dan pertanian.

”SNMPTN 2012 akan didesain ulang agar lebih banyak anak yang bisa kuliah sehingga akan menaikkan angka partisipasi kasar,” kata Nuh seusai berbicara di Musyawarah Nasional V Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia.

Pemerintah akan memberikan perhatian khusus pada bidang teknik, sains, dan pertanian. (LUK)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com