Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Mahasiswa Asing Lulus dari Undip

Kompas.com - 04/07/2011, 17:11 WIB

 

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro Semarang, Senin (4/7/2011), melepas 12 mahasiswa penerima Beasiswa Dharmasiswa Republik Indonesia yang belajar selama dua semester di FIB Undip. Para mahasiswa tersebut antara lain berasal dari  Vietnam dan Thailand.  

 

Pelepasan ke-12 mahasiswa tersebut dilakukan Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Undip Drs Warsito SU. Ia berharap kesempatan mahasiswa luar negeri yang belajar tentang Indonesia akan membuat Indonesia semakin dikenal di mancanegara.  

 

Koordinator Pengelola Dharmasiswa FIB Undip, Muzaka menjelaskan, para mahasiswa tersebut bergabung dengan FIB Undip sejak Agustus 2010 lalu. Selama belajar di FIB pada semester I mereka belajar tentang budaya dan Bahasa Indonesia. Semester II belajar tentang tata bahasa kuliah bersama dengan mahasiswa Indonesia, serta mendapat ekstra kurikuler tentang kebudayaan Indonesia bersama dengan UKM kesenian Jawa.  

 

Dekan FIB Undip Agus Maladi mengatakan kesempatan mendapatkan mahasiswa luar negeri memberikan kesempatan bagi FIB untuk lebih memperkenalkan budaya dan sa stra Indonesia ke mancanegara melalui mereka.  

 

Saat pelepasan, ke-12 mahasiswa dari luar negeri menampilkan ketrampilan mereka dalam berbahasa Indonesia sebagai hasil belajar mereka selama ini. Mereka menampilkan hiburan mulai dari menyanyi, menari hingga mendongeng.  

 

Phan Minh Tam, wakil dari mahasiswa Vietnam menyatakan terkesan selama belajar di Indonesia, selain nyaman, orang Indonesia dinilai sangat ramah, sopan. Pengalaman ini akan dia ceritakan kepada teman-temannya di Vietnam.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com