Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Bahasa Jepang Gratis

Kompas.com - 04/07/2011, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah bahasa Jepang Pandan College mulai Juli ini menantang masyarakat Jakarta, Tangerang dan Bali belajar gratis selama sebulan lewat 'Program 51-G' atau lima belajar dan satu gratis. Program ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat siap dengan kompetisi berbahasa Jepang.

Komisaris Pandan College Richard Susilo di Jakarta, Senin (4/7/2011), menjelaskan program ini diikuti kelompok yang sedikitnya enam orang. Selama sebulan, mulai Senin sampai Jumat, kelompok ini diperbolehkan belajar gratis bahasa Jepang di Pandan College.

'Upaya ini untuk semakin memperkenalkan bahasa Jepang lebih luas lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta, Tangerang dan Bali,' papar Richard Susilo.

Program ini, kata Richard, sekaligus memberikan pendidikan dan pengenalan budaya Jepang. Peserta juga diperkenalkan dengan kedisiplinan Jepang yang dikenal sangat ketat, rinci serta terukur.

Peserta yang ikut program ini tidak boleh absen sekalipun tiap proses belajar mengajar. Jika ada yang absen, ia harus membayar kelalaian tersebut lewat dana deposit kelompok. Jadi, kata Richard Susilo, belajar gratis juga harus ada imbal balik dari murid yang belajar. 'Kalau sudah kita bantu untuk belajar gratis tetapi disia-siakan begitu saja, kan sayang upaya ini,' katanya.

Tiap kelompok diberi kebebasan menentukan jam belajar dengan benar agar setiap hari bisa hadir tepat waktu untuk belajar bahasa Jepang dengan baik.

Selain belajar gratis per kelompok di Pandan College, sekolah ini juga sedang membuka beasiswa bagi pelajar SD di Indonesia. Program ini terbatas untuk siswa di Bali.

Pendaftaran ditutup tanggal 5 Juli 2011. Aplikasi dibawa langsung ke Pandan College di Jl. Cok Agung Tresna No.15 Renon Denpasar, Tel. 0361-255-225. Informasi lengkapnya pada website http://beasiswa.ws/ atau http://newsindo.com/beasiswa/2011.html Sekolah bahasa Jepang Pandan College saat ini memiliki lebih dari 40 rekanan sekolah di Jepang, termasuk tiga universitas. Melalui Pandan College, seseorang dapat mudah masuk dan belajar di Jepang. Selain itu, Pandan College juga menjamin lulusan kelas regulernya bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia. Termasuk magang di Tokyo selama tiga bulan.

Melalui Pandan College, siswa Indonesia memperoleh perlakuan terintegrasi bagi yang hendak belajar ke Jepang. Pelalayanan yang diebrikan meliputi konsultasi sekolah, visa pelajar, penjemputan di Bandara Narita, pengantaran ke tempat tinggal di Tokyo, pengantaran ke sekolah, pengawasan belajar hingga kembali pulang ke Indonesia. Hal ini dapat dilakukan karena kantor pusat Pandan College di Jepang dipimpin oleh orang Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com