Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

159 Mahasiswa UI KKN di Perbatasan

Kompas.com - 05/07/2011, 17:47 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) melepas 159 mahasiswa ke sembilan titik yang tersebar di pulau terdepan dan negara yang berbatasan dengan Indonesia yaitu Malaysia dan Timor Leste, sebagai program Kuliah Kerja Nyata Universitas Indonesia (K2N UI) tahun 2011. Tema K2N UItahun ini adalah "Merekat NKRI di Pulau-pulau Terdepan dan Perbatasan Menuju Masyarakat Mandiri".

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (5/7/2011), Kepala Kantor Komunikasi/Juru Bicara UI Vishnu Juwono mengatakan, para peserta K2N UI menetap di rumah warga sejak 20 Juni 2011 dan melakukan berbagai program pemberdayaan masyarakat melalui program kerja rutin. Program tersebut diantaranya, Rumah Kreatif, Kampung Berseri, Penyuluhan Hukum dan Kesehatan untuk warga sekitar.

"Ada juga Program Kerja Kelompok seperti pendidikan khusus dan pelayanan khusus, posyandu lansia, usaha keterampilan mandiri berbasis sumber daya alam lokal, dan menggali potensi wisata selama 30 hari mereka berada di sana," kata Vishnu.

Kesembilan lokasi K2N UI adalah Pulau Ende, Pulau Alor Timur dan Pantar Timur (ketigasnya di Kabupaten Alor), Pulau Palue (Kabupaten Sikka), Kecamatan Bikomi Nilulat (Kabupaten TTU) yang berbatasan dengan District Oecussi (Timor Leste), Pulau Liran (Kabupaten Maluku Barat Daya), Kecamatan Badau (Kabupaten Kapuas Hulu) Kecamatan Wasior (Kabupaten Teluk Wondama), Pulau Wayabula Kecamatan Morotai Selatan Barat (Kabupaten Kepulauan Morotai), Distrik Waigeo Utara dan Distrik Ayau Kepulauan (Kabupaten Raja Ampat).

"Kedatangan rombongan mahasiswa disambut antusias masyarakat setempat melalui upacara adat di daerah setempat. Melalui program ini kami ingin membantu pemberdayaan masyarakat yang berada di daerah tertinggal," ujar Vishnu.

Ia melanjutkan, diharapkan, melalui program ini dapat meningkatkan rasa cinta Tanah Air dari para kaum muda khususnya mahasiswa untuk memotivasi masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan dan usaha mempertahankan kedaulatan NKRI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com