Rabu, 24 September 2014

News / Konsultasi

Hamil, Perlukah USG 3D?

Kamis, 7 Juli 2011 | 09:33 WIB


TANYA:
 
Dokter, saat ini saya sedang hamil 5 bulan, sejauh ini kondisi bayi sehat. Saya sering mendengar tentang USG 3 dimensi, bahkan sudah ada yang 4 dimensi. Yang ingin saya tanyakan, apakah perbedaan USG tersebut dengan USG biasa. Apakah setiap ibu hamil perlu melakukan USG tersebut, mengingat harganya cukup mahal untuk saya. Apakah USG 3 dimensi itu bisa mendeteksi dengan akurat jika ada kelainan atau bagaimana? Mohon penjelasan dokter.
Aryanti (29), Cikarang.


JAWAB

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) diperlukan untuk memantau dan mendeteksi adanya kelainan pada janin.  Pada dasarnya USG 2 dimensi (2D), 3D atau 4D sama saja. Keduanya berdasarkan pemantulan gelombang suara. Hanya karena kemajuan teknologi, gambarnya bisa di olah menjadi 3D dengan visualisasi lebih jelas.

USG 3D Lebih bermanfaat untuk pasien karena pasien bisa melihat dengan jelas, dibandingkan dengan USG 2D yang seperti abstrak. Akan tetapi untuk dokter hal itu sebenarnya sama saja. Jadi kalau tidak dilakukan juga tidak apa-apa.  Jika ingin melakukan USG 3D yang terbaik di usia hamil 22-26 minggu.

 


Editor : Lusia Kus Anna