Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tahun Sekolah "Ngungsi" di Rumah Warga

Kompas.com - 07/07/2011, 13:39 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Malang nian nasib 41 siswa kelas III dan V SD Negeri Ngajum 04, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Selama dua tahun ini mereka belajar di rumah warga karena ruang kelas mereka tak bisa ditempati untuk kegiatan belajar mengajar.

"Ada tiga ruang kelas kami yang rusak. Kami terpaksa menumpang di rumah Mbah Sarimah dan Mbah Anggi, warga sekitar sekolah. Setiap akhir tahun, kami biasanya memberi bingkisan buat mereka sebagai bentuk ucapan terima kasih,"  ujar Rini Lasmiyati, guru SDN Ngajum 04, Kamis (7/7/2011).

Menurut Rini, kerusakan tiga ruangan di sekolah itu sudah tidak bisa ditoleransi karena sudah membahayakan keselamatan para siswa. "Masalahnya, mulai atap, serta beberapa bagian bangunan ruang kelas sudah lapuk dimakan usia," ujarnya.

Di musim hujan, kata Rini, ruang kelas itu sudah tidak bisa digunakan sama sekali karena bocor. "Apalagi Kabupaten Malang yang cuacanya tidak bisa ditebak karena dataran tinggi. Kadang hujan, kadang tidak sehingga para guru memutuskan untuk mengungsikan para siswa ke rumah Mbah Sarimah dan Mbah Anggi," katanya.

Beruntung, kedua warga itu tak berkeberatan rumahnya dijadikan tempat belajar mengajar. Padahal, aktivitas sekolah mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

"Jadi, selama rentang waktu tersebut, kedua nenek sepuh itu rela rumahnya ramai oleh aktivitas belajar dan mengajar," ujar guru yang berstatus guru tidak tetap itu.

Sayangnya, saat Kompas.com berkunjung ke rumah Mbah Sarimah dan Mbah Anggi, belum terlihat aktivitas siswa karena dalam masa liburan.

Menurut Lasmiyati, salah satu guru SDN Ngajum 04 itu pada 2009 lalu sudah mendapatkan jatah dana alokasi khusus (DAK) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. "Bangunan yang rusak saat ini belum bisa diperbaiki karena DAK pada 2009 hanya untuk memperbaiki tiga ruang kelas. Selebihnya belum mendapatkan dana perbaikan dari pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Suwandi, tahun ini pembangunan SD Negeri Ngajum 04 sudah dialokasikan dalam anggaran perbaikan dari DAK.

"Kita sudah menggerakkan UPTD untuk melakukan survei dan ternyata SDN Ngajum 04 itu sudah termasuk di dalamnya. Tahun ini, bangunannya siap direhab karena kami sudah alokasikan anggarannya," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com