Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

175 TK Dapat Bantuan Buku PAUD Gratis

Kompas.com - 10/07/2011, 11:07 WIB

KENDARI, KOMPAS.com - Sebanyak 175 taman kanak-kanak (TK) yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun ini mendapat bantuan buku pendidikan anak usia dini (PAUD) secara gratis dari Perpustakaan Daerah Sultra.

Kepala Perpustakaan Daerah Sultra, Samudra Wasiri, di Kendari, Minggu, mengatakan, ke-175 TK yang akan diberikan buku secara gratis tersebut, tersebar pada lima kabupaten/kota di Sultra.

"Ke-lima daerah yang mendapat bantuan tersebut adalah 25 TK di Kabupaten Bombana, 40 TK di Kabupaten Konawe, 35 TK di Kabupaten Kolaka, 40 TK Kabupaten Buton, dan 35 TK di Kota Baubau," ujar Samudra Wasiri.

Ia mengatakan, tujuh daerah di Sultra yang belum mendapatkan bantuan buku PAUD secara gratis tahun ini adalah Kota Kendari, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Muna dan Kabupaten Wakatobi.

"Tahun ini kami hanya membagikan buku pada lima daerah, karena keterbatasan anggaran, tahun depan, tujuh daerah lainnya kita juga akan berikan bantuan buku yang sama," katanya.

Menurutnya, pemberian bantuan buku PAUD secara gratis ini, merupakan kerjasama antara perpustakaan daerah Sultra dengan Tim penggerak PKK provinsi Sultra.

"Alasan kami memberikan bantuan buku ini, karena hasil pantauan kami di lapangan bahwa buku PAUD masih merupakan kebutuhan mendasar di setiap taman kanak-kanak yang ada di daerah," ujarnya.

Kata dia, selama ini, pengelola taman kanak-kanak sering mengeluhkan kurangnya buku-buku PAUD, yang merupakan dasar pengenalan dunia pendidikan kepada anak didik.

"Dana pengadaan buku PAUD ini, semua bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sultra tahun 2011," ujar Samudra Wasiri.

Ia menjelaskan, setiap taman kanak-kanak akan mendapatkan buku sebanyak 500 eksamplar atau sebanyak 125 judul buku dengan macam-macam jenis pengetahuan misalnya untuk panduan menyanyi, bermain dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com