Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pelajar Indonesia Juara Internasional!

Kompas.com - 13/07/2011, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua tim dari Indonesia berhasil menjadi juara dalam kompetisi ThinkQuest International 2011. Kompetisi yang didudukung oleh Oracle Education Foundation ini menantang para siswa usia di bawah 19 tahun untuk memecahkan masalah nyata dengan mengaplikasikan keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, dan menggunakan teknologi. Dua tim tersebut berasal dari SMAN 4 Denpasar dan SMAN 48 Jakarta.

Tim dari SMAN 4 Denpasar yang diwakili oleh Genta Indra, Ida Ayu Anom, dan Ika Agustini berhasil menjadi juara pertama dalam kategori ilmu pengetahuan dan teknologi (ilmu bumi) setelah membuat suatu karya dengan tema "Sumber Energi dari Ganggang (Rumput Laut): Menciptakan Nilai Tambah". Tim ini melakukan penelitian tentang bagaimana ganggang dapat dikonversi menjadi bio-etanol untuk menghasilkan energi dan secara signifikan mengurangi emisi karbon.

"Kami terinspirasi dari krisis energi dan polusi udara. Karya ini juga sangat unik karena dapat memecahkan masalah dunia. Ke depan kami terus perbaiki dan lakukan perbaruan," kata Genta Indra yang mewakili tim dari SMAN 4 Denpasar, Rabu (13/7/2011), melalui telekonferensi.

Sementara itu, tim dari SMAN 48 Jakarta yang diwakili Vilia, Ikhsan, Muhammad Labib, Tuwendy, Faisal, dan Ben Hadi berhasil meraih juara kedua dalam kategori yang sama. Karya yang mereka usung dalam kompetisi ini adalah "Menjadikan Plastik dan Kertas Menjadi Teman Bumi". Tim dari SMAN 48 Jakarta sebelumnya telah melakukan sejumlah penelitian tentang beberapa material alternatif seperti bioplastik yang dihasilkan dari kentang hingga membuat kertas dari ganggang. Tim ini menciptakan sebuah karya pembuatan bioplastik dan kertas yang ramah lingkungan.

"Kami ingin karya ini tidak berhenti sampai di sini. Artinya, kami sangat berharap ada pihak-pihak yang dapat mendukung penyempurnaan karya ini termasuk membantu kami dalam memberikan hak paten," kata guru pembimbing SMAN 48 Jakarta, Tjandrawati, Rabu (13/7/2011) siang, di Jakarta.

Sementara itu, Country Managing Director Oracle Indonesia Uday Mathkar sangat bangga dengan hasil yang didapat oleh tim dari Indonesia mengingat kompetisi ThinkQuest sedikitnya diikuti 33.000 peserta dari 52 negara. Kompetisi ini digelar secara online sejak September 2010 sampai dengan April 2011 dan pengumuman pemenangnya diumumkan pada pertengahan Juni 2011.

Pemenang dalam kompetisi ini berhak mendapatkan kesempatan menghadiri acara penghargaan inspirasional di San Fransisco Bay Area, Amerika Serikat, Oktober mendatang. Selain itu, masing-masing anggota tim berhak mendapatkan sebuah laptop dan khusus untuk juara pertama berhak menerima dana hibah sebesar 5.000 dollar AS (sekitar Rp 42,7 juta).

"Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang kompetisi ThinkQuest Internasional 2011 dari Indonesia. Kami bangga melihat para siswa berbakat berhasil menciptakan proyek dan memenangkan penghargaan di usia muda," ujar Uday.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com