Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Tentang Indonesia Kurang Diminati

Kompas.com - 14/07/2011, 22:56 WIB

DEPOK, KOMPAS.com--Program studi tentang Indonesia dalam  10 tahun terakhir semakin kurang diminati oleh para mahasiswa.

"Sedikit sekali generasi penerus yang mendalami studi tentang Indonesia," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Kamis.

Untuk itu katanya perlu memberikan pemahaman dalam proses belajar secara langsung mengenai studi Indonesia, khususnya tentang budaya Indonesia agar diminati oleh kawula muda.

Guna mendukung program tersebut pihaknya lanjutnya Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) menyelenggarakan The 3rd International Conference and Summer School on Indonesian Studies (ICSSIS) yang bertajuk "Diversity, Continuity and Changes" (Keragaman, Kesinambungan dan Perubahan). "Kita akan menampilkan Keynote speaker Prof James J Fox dari Australia National University," katanya.

Rangkaian kegiatan ICSSIS terdiri dari Summer School on Indonesian Studies dan International Conference on Indonesian Studies. Summer School on Indonesian Studies diselenggarakan pada 11-16 Juli 2011 diikuti oleh 60 peserta dari kalangan mahasiswa  serta para pemerhati Kajian Indonesia dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu juga digelar International Conference on Indonesian Studies diadakan pada 18-19 Juli 2011 diikuti oleh sekitar 150 peserta dari kalangan peneliti, pemerhati dan mahasiswa yang berasal dari nasional maupun internasional dalam bidang Kajian Indonesia.

"Konferensi ini memberikan peluang bagi peserta untuk menghadirkan kajian maupun hasil penelitian dalam ruang lingkup akademik," ujarnya.

Konferensi internasional ini katanya membuka kemungkinan kerja sama dan jejaring yang bersifat interdisipliner antar pakar atau para ahli di bidang Kajian Indonesia, baik yang berasal dari dalam negeri  maupun luar negeri.

ICSSIS merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengkaji kembali peran Kajian Indonesia dalam kancah internasional di era globalisasi dan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah bagi Kajian Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengajar, mahasiswa di lingkungan UI serta para pemerhati budaya Indonesia dari berbagai negara, diantaranya Azerbaijan, Pakistan, Polandia,  Prancis, Argentina, India, Jepang dan Jerman.

ICSSIS diharapkan dapat merintis pemuda Indonesia untuk mendalami studi tentang Indonesia serta menjadikan UI khususnya FIB UI sebagai pusat kajian studi Indonesia dan kedepannya, ICSSIS dapat meningkatkan citra Indonesia di mata internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com