Diuji Coba, "Bimasakti" Tabrak Separator - Kompas.com

Diuji Coba, "Bimasakti" Tabrak Separator

Kompas.com - 19/07/2011, 12:48 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Mobil Bimasakti karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi tahunan kendaraan 600 cc di Jepang menabrak separator Boulevard UGM, Selasa (19/7/2011) di Yogyakarta.

Rencananya, mobil balap karya mahasiswa UGM ini akan bersaing dalam Student Formula Society of Automotive Engineers Competition of Japan ke-9 di Jepang, September mendatang.

Mobil balap Bimasakti yang dikemudikan Audi Yusuf, mahasiswa Fakultas Teknik UGM, tersebut awalnya sempat melaju satu putaran di Boulevard UGM. Pada putaran kedua, Bimasakti digeber kencang oleh Audi hingga kecepatan sekitar 80 kilometer per jam. Namun, saat hendak berbelok dari arah utara ke barat di putaran Boulevard, tiba-tiba mobil menabrak separator. Mesin mobil pun tiba-tiba mati.

Anggota tim Bimasakti kemudian bergegas mengevakuasi mobil. Sang pengemudi, Audi, tak mengalami cedera, sedangkan bemper mobil pecah.

"Setelah kami teliti, tak ada kerusakan pada struktur dan konstruksi mobil. Hanya bagian body mobil yang pecah," kata koordinator dosen pembimbing, Fauzun.

Meski mengalami kecelakaan saat uji coba,  menurut Fauzun, Bimasakti tak mengalami kendala apa pun dan siap berangkat ke Jepang.

"Satu dua hari kerusakan tadi bisa diperbaiki," ujarnya.

EditorInggried

Terkini Lainnya