Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Orientasi Siswa

Kompas.com - 22/07/2011, 04:00 WIB

Untuk MuDAers yang baru masuk SMA pasti enggak asing dengan istilah masa orientasi siswa atau MOS. Ya, MOS adalah waktu bagi siswa baru untuk mengenal sekolah beserta isinya. Seperti apa sih kegiatannya?

Di SMAN 68 Jakarta, MOS yang berlangsung selama tiga hari dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan berupa pengenalan Wawasan Widayatama, Wawasan Kebangsaan, Character Buiding, Budaya dan Tata Tertib Sekolah, Budaya Tata Tertib Lalu Lintas, Sis- tem Pembelajaran, dan ekstrakurikuler. Hmm.. banyak juga ya materinya.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 68 Jakarta, Pak Pono Fadlullah, yang berbeda dari MOS SMAN 68 adalah pelaksanaan budaya tata tertib lalu lintas. Kegiatan itu, menurut Pak Pono, dilakukan di hari kedua, sekolah bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Tujuannya agar siswa tertib berlalu lintas.

Selain itu, diadakan juga demonstrasi robotik dari kakak kelas yang sudah duduk di bangku kuliah. ”Harapannya bisa mengembangkan minat siswa di bidang teknologi yang akan disalurkan melalui ekskul robotik. Ekskul ini dibuka mulai tahun ajaran baru,” kata Pak Pono.

Di sekolah kami, International Islamic High School di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, MOS diterapkan dengan cara yang sedikit berbeda dari sekolah lain.

MOS di sekolah kami disebut masa prasesi. Masa prasesi ini diselenggarakan sekitar dua minggu. Ini lebih lama dari kebanyakan masa MOS pada umumnya.

Dalam prasesi ini, seluruh siswa baru diperkenalkan pada sistem pembelajaran di sekolah, tata tertib, program-program sekolah, dan sistem intermoda yang diterapkan sekolah.

Ada yang tahu enggak sistem intermoda itu apa? Sistem intermoda adalah sistem pembelajaran yang tidak berpusat pada sekolah. Ini berarti kita bisa melakukan kegiatan belajar-mengajar seperti di laboratorium universitas, study tour ke berbagai tempat atau olahraga di salah satu gedung olahraga di Jakarta. Jadi, sambil belajar kita bisa jalan-jalan. Horeeee!!

Bagi siswa yang mengambil program boarding (asrama), diperkenalkan pada suasana dan kegiatan asrama. Mereka juga diajak untuk membiasakan diri jauh dari orangtua.

Pada minggu terakhir diadakan bakti sosial untuk menumbuhkan rasa sosial terhadap sesama dan latihan kepemimpinan dasar (LDK) untuk melatih mental siswa.

Hmm, siap menyambut MOS kan MuDAers? Yang jelas, di mana pun kalian bersekolah, MOS yang dijalani akan menjadi pengalaman seru nantinya. Jadi, nikmati aja ya....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com