Rabu, 17 September 2014

News / Edukasi

Penerimaan Mahasiswa Baru

Daftar Ulang Kedokteran Unej Bayar Rp 120 Juta

Jumat, 22 Juli 2011 | 15:06 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Biaya daftar ulang peserta yang dinyatakan lolos seleksi jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) di Fakultas Kedokteran Universitas Jember (Unej) tahun 2011 mencapai Rp 120 juta. Kepala Humas dan Protokol Unej, Rochani, Jumat (22/7/2011), mengatakan, calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi jalur PMDK harus membayar biaya daftar ulang berupa sumbangan pengembangan institusi (SPI) dan sumbangan pengembangan akademik (SPA).

"Besarnya biaya daftar ulang SPA dan SPI di masing-masing fakultas tidak sama, namun tertinggi di Fakultas Kedokteran yang totalnya mencapai Rp120 juta,"kata Rochani.

Menurut Rochani, besarnya biaya daftar ulang tersebut sudah diketahui oleh peserta pada saat mendaftar secara online di laman yang sudah ditentukan oleh panitia. "Besarnya biaya SPA dan SPI di sejumlah fakultas Unej sudah diketahui oleh calon mahasiswa baru jalur PMDK, sehingga mereka bisa mengukur kemampuan orang tua masing-masing," katanya.

Besarnya sumbangan SPI bervariasi antara lain Fakultas Kedokteran sebesar Rp 100 juta, Kedokteran Gigi sebesar Rp 50 juta, Farmasi sebesar Rp 15 juta, Sistem Informasi sebesar Rp 15 juta, dan Ilmu Keperawatan sebesar Rp 10 juta.

"Rata-rata biaya daftar ulang fakultas bidang kesehatan agak mahal, namun untuk bidang sosial seperti FISIP, Sastra, dan Ekonomi biaya SPInya sebesar Rp 3 juta," ucapnya.

Selain membayar SPI, kata dia, peserta yang dinyatakan lolos seleksi jalur PMDK harus membayar biaya SPA dengan nominal yang bervariasi berkisar Rp 5 juta hingga Rp 20 juta.

"Biaya SPA tertinggi di Fakultas Kedokteran yang mencapai Rp 20.890.000,00, kemudian disusul Fakultas Kedokteran Gigi sebesar Rp 15.890.000,00, dan Farmasi sebesar Rp 13.090.000,00," paparnya.

Rochani menjelaskan peserta harus membayar biaya daftar ulang berupa SPI dan SPA sekaligus, dan calon mahasiswa baru yang lolos jalur PMDK tidak diperkenankan untuk mengangsur biaya daftar ulang. Unej menerima sebanyak 735 calon mahasiswa baru melalui jalur PMDK. Setiap tahunnya, Fakultas Kedokteran masih menjadi pilihan favorit bagi calon mahasiswa baru jalur PMDK.

 


Editor : Inggried
Sumber: