Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Merdeka 3" ITS Akan Berlayar di Irlandia

Kompas.com - 25/07/2011, 18:03 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mulai mempersiapkan diri menuju ajang bahari internasional Atlantic Challenge 2012. Ajang ini akan berlangsung di Irlandia pada tahun 2012 mendatang. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ITS,  Maritime Challenge memperkenalkan kapal layar baru dengan nama "Merdeka 3" yang tengah dalam proses perakitan, Senin (25/7/2011). Merdeka 3 akan diikutsertakan dalam ajang internasional tersebut.

"Sebagai bentuk dedikasi ITS kepada perkembangan bahari Indonesia, dan sebagai bentuk apresiasi terhadap seni budaya dan teknologi Indonesia, ITS kembali melakukan pembangunan perahu yang memadukan unsur seni dan budaya Indonesia, dengan seni konstruksi kapal kayu," kata pembina proyek, Prof Dr Ir Daniel M Rosyid Daniel, saat pemasangan gading pertama kapal, di Bengkel Nonmetal PPNS ITS, Surabaya, Jawa Timur.

Menurutnya, konsep inovasi yang akan diterapkan di beberapa bagian konstruksi juga menampilkan unsur budaya nusantara, diantaranya dengan penerapan tekonologi bambu laminasi dan corak ornamen yang membalut beberapa bagian kapal.

"Bambu menjadi pilihan yang lebih baik daripada kayu karena seratnya yang panjang menjadikannnya lebih kuat daripada kayu biasa. Selain itu, kombinasi antara bambu laminasi dan kayu lokal akan menambah kekuatan konstruksi dengan ukuran desain yang lebih kecil, artinya bobot kapal bisa direduksi," tambahnya.

Seluruh anggota tim optimistis kapal layar dayung berjenis Yole de Bantry kali ini akan jauh lebih baik dari kapal Garuda yang digunakan saat berlaga di Kanada tahun lalu. Kapal layar Garuda yang kini menjadi duta Indonesia dan menjadi "Icon Boat" di "Tromolino Project International Maritime Heritage" di Amerika Serikat, masih memiliki beberapa kekurangan terutama menyangkut stabilitas saat berlayar.

Oleh karena itu, beberapa rancangan desain untuk kapal ini telah mengalami modifikasi untuk mengatasi persoalan tersebut. Selain mempersiapkan kontruksi kapal, berbagai latihan juga telah dilaksanakan untuk membangun kesiapan calon kru saat bertanding bersama pemuda-pemudi dari 15 negara dari Eropa dan Amerika nanti. Bentuk latihan antara lain teknik dasar berlayar, navigasi laut, tali-temali, dan dayung rowing.

"Seleksi kru akan berlangsung ketat. Calon kru yang berasal dari berbagai jurusan di ITS akan melewati beberapa tahapan sebelum menjadi kru kapal," kata pimpinan proyek, Sufian Imam Wahidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com