Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 60 Persen Siswa Miskin Dapat Subsidi Beasiswa

Kompas.com - 26/07/2011, 13:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Subsidi beasiswa untuk siswa miskin yang digelontorkan Kementerian Pendidikan Nasional baru menyentuh 60 persen sasaran di Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kemdiknas, Nono Adya Supriatno, di Jakarta, Selasa (26/7/2011).

Menurut Nono, jumlah siswa miskin di jenjang SD sampai SMA di Indonesia saat ini mencapai 9,8 juta siswa. Seyogianya, para siswa miskin berhak mendapatkan subsidi beasiswa miskin sebesar Rp 360.000 untuk SMP dan Rp 540.000 untuk SMA pada setiap tahunnya.

Namun, Nono melanjutkan, subsidi beasiswa miskin yang diberikan Kemdiknas sampai saat ini baru mampu menyentuh 60 persen dari jumlah total yang mencapai 9,8 juta siswa. Hal itu disebabkan beberapa hal. Salah satunya keterbatasan anggaran.

"Subsidi beasiswa miskin baru menyentuh 4,7 juta siswa SD dan 2 juta siswa SMP," kata Nono kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2011).

Meski begitu, ia berharap ada program lain untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) yang dimiliki oleh Kementerian Sosial.

Dalam PKH ini, selain berhak mendapatkan akses pelayanan kesehatan, para siswa yang berasal dari keluarga miskin juga berhak mendapatkan keringanan dari sekolah dengan cara menunjukkan kartu PKH tersebut.

"PKH memungkinkan kemudahan siswa miskin untuk bersekolah dengan cara menuunjukkan kartu PKH kepada sekolah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com