Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Perusahaan" SMKN 26 Juara ASCC 2011

Kompas.com - 28/07/2011, 20:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim "Bionic 26" dari SMKN 26 Jakarta keluar sebagai juara pertama Annual Student Company Competition (ASCC) 2011 setelah sukses menjual produk mereka dan memukau pengunjung serta para profesional muda dari dunia bisnis. "Perusahaan siswa" SMKN 26 Jakarta ini dinyatakan handal berbisnis.

Tempat kedua dan ketiga disusul oleh tim "Cepot" dari SMAN 1 Bogor dan "Akira" dari SMKN 1 Rota Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Sementara itu, kategori penampilan terbaik ASCC diraih oleh tim "Akira", sedangkan penghargaan untuk Most Favorite Video Profile direbut oleh tim "Bionic 26". Adapun pemenang Business Solution Challenge diraih oleh "Smart SC" dari SMKN 8 Jakarta.

"Ini merupakan suatu pengajaran yang sangat berharga bagi siswa mengenai kewirausahaan, terutama untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam meraih cita-cita. Karena di sini mereka belajar langsung bagaimana sulitnya membangun bisnis, menjalankan dan menghasilkan," ujar Robert Gardiner, Direktur Operasional Prestasi Junior Indonesia (PJI) yang menjadi penyelenggara, di Jakarta, Kamis (28/7/2011).

Robert mengungkapkan, acara ini dilaksanakan untuk mengikutsertakan "perusahaan siswa" atau student company dari 12 sekolah menengah atas (SMA/SMK) dalam suatu kompetisi selama dua hari di Citywalk Sudirman. Masing-masing perusahaan siswa tersebut menjual produk mereka kepada para pengunjung mal. 

"Upaya atau proses dan hasil jualan mereka di sini dinilai oleh juri dari para profesional muda di dunia bisnis. Selain menjual produk, siswa juga mengikuti kompetisi dalam beberapa kategori, mulai presentasi bisnis, kreativitas seni, tantangan bisnis dan video profil perusahaannya masing-masing. Mereka benar-benar belajar jadi entrepreneur di sini," kata Robert

Penilaian dari kategori ini akan diakumulasikan dan perusahaan siswa terbaik akan mewakili Indonesia di acara Asia Pacific Student Company of the Year Competition pada Januari 2012 mendatang.

Adapun Annual Student Company Competition diselenggarakan oleh Prestasi Junior Achievement (PJI) yang tahun ini memasuki tahun keempat pelaksanaannya di Jakarta. Untuk kegiatan ini, PJI bekerjasama dengan Bank Mayapada serta relawan dari American Chamber of Commerce (AmCham) Indonesia, GE, PT Newmont Nusa Tenggara, Mei Lin Foundation, serta Titian Foundation dan KPC.

Selain menggelar ASCC, PJI sendiri bermitra dengan banyak pihak untuk menyelenggarakan program kewirausahaan bernama Junior Achievement Company Program atau JA Company. Program ini untuk mengajarkan siswa-siswi SMA/SMK membangun perusahaan siswa dan menjalankan bisnis layaknya seperti perusahaan sungguhan.

"Mereka diajarkan mengumpulkan modal lewat penjualan saham, membuat rencana bisnis, melakukan pertemuan rutin, membuat dan menjual produk dan sebagainya. Ini dilakukan bukan sekali jalan, tapi berlangsung selama satu tahun ajaran dan pada akhir tahun mereka melikuidasi perusahaan tersebut dan membagi deviden dengan para pemegang saham mereka. Asyik, kan, karena mereka belajar langsung, bukan teori," ujar Robert.

Adepun ASCC 2011 merupakan kompetisi kewirausahaan tahunan sebagai puncak dari implementasi program JA Company. Di sinilah perusahaan siswa atau student company (SC) dari semua sekolah peserta program ini dari berbagai wilayah di Indonesia berkumpul dan bersaing untuk meraih predikat "The Best Student Company of the Year."

"Kami hanya ingin membentuk pola pikir mereka sebagai pebisnis sejati yang bertanggungjawab, serta mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com