Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Menjadi Lulusan yang "Dicari"?

Kompas.com - 29/07/2011, 10:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kompetisi di dunia kerja semakin ketat. Gelar sarjana tak menjamin lulusan universitas bisa mendapatkan pekerjaan dengan gampang. Ketua Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Sri Gunarni mengatakan, gelar sarjana, ijazah, tak cukup untuk jadi ukuran untuk sukses mendapatkan pekerjaan. Ia berpendapat, soft skill juga penting dalam pencarian kerja. Soft skill yang dimaksud di antaranya jiwa kepemimpinan dan sikap tanggung jawab.

"Untuk itu, saat menginjakkan kaki di instansi pendidikan mana pun sangat dibutuhkan pendalaman soft skill," kata Sri di Jakarta, Kamis (28/7/2011).

Selama ini, berdasarkan analisis Kementerian Pendidikan Nasional, banyaknya lulusan universitas yang masih menjadi pengangguran karena secara kualitas mereka tidak memenuhi syarat. Akibatnya, terjadi kesenjangan antara pencari kerja dan peluang lapangan kerja.

Sri, yang juga Staf Ahli Khusus Bidang Penyelarasan Kementerian Pendidikan Nasional, mengungkapkan, kementerian saat ini tengah menggalakkan program "Penyelarasan Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja". Program ini merupakan upaya untuk menyinkronkan pendidikan nasional dengan kebutuhan kerja sehingga terjadi keselarasan dalam pelaksanaannya.

Melalui program ini, akan dilakukan kajian mengenai kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan akan dijadikan kerangka acuan dalam sistem pendidikan. Hal tersebut bertujuan demi mendapatkan lulusan yang siap pakai dan bisa bersaing di dunia kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com