Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Baru ITB Pecahkan Rekor

Kompas.com - 05/08/2011, 00:21 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatihan The 7 Habits for New College Students yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Yayasan Dunamis berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori "Pelatihan Mahasiswa Baru Secara Pararel dengan Fasilitator Terbanyak, 135 Fasilitator di 67 Kelas." MURI mencatatkan rekor tersebut, Kamis (4/8/2011), di ITB.

Pelatihan The 7 Habits for New College Students diberikan kepada 3199 mahasiswa baru ITB dengan tujuan membekali para mahasiswa baru ini untuk memahami nilai ITB sebagai almamater dan mengembangkan potensi dalam pembentukan karakter. Kepala lembaga tahap persiapan bersama ITB, Ahmad Nuruddin mengatakan, sudah sejak beberapa tahun lalu ITB menggelar pelatihan-pelatihan semacam ini kepada para mahasiswa baru.

Namun sejak tahun lalu semua menjadi berbeda karena pelatihan diberikan secara institusi dan tidak lagi dilakukan terpisah-pisah di setiap jurusan atau program studi. Untuk materinya, Ahmad menjelaskan, tema pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa baru selalu disesuaikan. Tahun lalu, sambungnya, mahasiswa baru ITB diberikan pelatihan dengan tema integrasi, prestasi dan komitmen (IPK). Sedangkan untuk tahun ini, pelatihan diadakan 2 kali. Pada Juni lalu pelatihan khusus untuk mahasiswa baru dari jalur undangan dengan tema materi motivasi.

"Tetapi yang paling besar adalah pelatihan 7 Habits ini, karena melibatkan semua mahasiswa baru dengan puluhan fasilitator," kata Ahmad dalam acara pemecahan rekor tersebut.

Ia mengungkapkan, yang terpenting adalah pelatihan ini sudah dilaksanakan dengan lancar, dirinya berharap pelatihan ini akan menjadi tonggak untuk pelatihan-pelatihan kepada mahasiswa baru di waktu yang akan datang.

"Yang lebih penting hasil pelatihan ini dapat membawa dampak berkelanjutan, dan membentuk mindset mahasiswa ITB untuk menunjukkan jati dirinya sebagai putra dan putri terbaik. Mudah-mudahan dampak pelatihan ini akan terus tumbuh, dan tumbuh untuk semua generasi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com