Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh "Resep" Jitu untuk Mahasiswa Baru

Kompas.com - 09/08/2011, 08:31 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com – Bulan-bulan ini hingga satu-dua bulan ke depan, sejumlah universitas akan memulai tahun pendidikan baru bagi para mahasiswanya. Saat memasuki awal perkuliahan, para mahasiswa baru kerap kaget karena asing dengan lingkungan serta metode pembelajaran yang jauh berbeda dibandingkan dengan pola pembelajaran di sekolah. Hal lainnya adalah ketika mereka berhasil lolos seleksi di universitas favorit, para mahasiswa baru ini cenderung menilai bahwa perjuangannya telah selesai. Akhirnya, mereka terlena dan melupakan misi sesungguhnya, yaitu memperjelas visi utama untuk apa ia berkuliah.

Nah, salah satu cara yang dipilih oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan esensi kuliah, digelar pelatihan The 7 Habits for New College Students (tujuh kebiasaan untuk mahasiswa baru) yang diberikan pada saat masa orientasi kepada seluruh mahasiswa baru ITB angkatan 2011, pekan lalu. Pelatihan ini sengaja diberikan sebagai upaya mengenalkan tujuh kebiasaan (seven habits) efektif yang perlu diperhatikan dan menjadikannya sebagai bekal agar para mahasiswa baru siap menghadapi masa perkuliahannya.

Pelatihan The 7 Habits for New College Students merupakan suatu program pengembangan karakter kepemimpinan yang kokoh dan merujuk pada program The 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen R Covey. Program ini dimulai dengan membangun akar yang kuat, yaitu kemandirian dan dilanjutkan dengan kemampuan membangun kerjasama serta pemeliharaan diri yang berkesinambungan.

Sesuai dengan namanya, program pelatihan ini memiliki tujuh kebiasaan yang dibagi ke dalam tiga tujuan. Jadilah proaktif, memulai dengan tujuan akhir dan dahulukan yang utama adalah poin pertama sampai ketiga yang dimaksudkan untuk menciptakan kemandirian dalam diri setiap mahasiswa baru.

Kebiasaan pertama "jadilah proaktif".
Para mahasiswa diajarkan untuk bertanggung jawab atas masa depan mereka. Inilah hal mendasar yang seringkali sulit untuk dikerjakan. Dengan kebiasaan ini, kedepannya mahasiswa baru tidak akan mengeluh dan tidak akan mudah menyerah ketika menghadapi dinamika perkuliahan yang sesungguhnya. Dampak dari kebiasaan yang pertama ini adalah menciptakan inisiatif, karena keadaan tidak bisa dipilih, maka mahasiswa dituntut untuk pandai menentukan keputusan.

Kedua, "memulai dengan tujuan akhir"
Poin ini mengajak mahasiswa untuk membuat dan memperjelas visi dan tujuan mereka saat berkuliah.

Ketiga, "dahulukan yang utama"
Para mahasiswa diajarkan cara untuk mengatur waktu dan diajak untuk menentukan prioritas.

Penanggung jawab program The 7 Habits for New College Students sekaligus Ketua Yayasan Dunamis Mitra Pertiwi, Andiral Purnomo mengatakan, poin pertama sampai dengan ketiga adalah poin yang dapat menciptakan kemandirian dalam diri setiap mahasiswa baru.

Menurutnya, setelah dapat mandiri, maka kemudian akan terbentuk visi yang kuat ketika para mahasiswa baru tersebut memulai masa kuliahnya.

"Kebiasaan ini adalah 3 in 1. Jika sudah dijalankan, maka tidak akan ada hal yang dapat menghentikan mereka untuk terus kuliah," kata Andiral, tengah pekan lalu, di ITB, Bandung, Jawa Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com