Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Mahasiswa IPB Berprestasi ke China

Kompas.com - 09/08/2011, 11:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 12 mahasiswa IPB terpilih untuk menghadiri acara The 18th Tri-University Joint Seminar and Symposium 2011 di JiangSu University, Zhenjiang, China pada bulan Oktober 2011 mendatang.

Tema yang diangkat dalam program ini adalah Role of Asia in the World dengan topik utama pangan, energi, lingkungan, ecological development, dan low carbon.

Mahasiswa IPB yang terpilih ini akan mempresentasikan hasil penelitian dengan topik pangan, energi, lingkungan, dan ekologi di hadapan para mahasiswa dan profesor dari berbagai negara.

Beberapa karya mahasiswa tersebut adalah Ary Kristianto, mahasiswa jurusan Teknologi Pangan dengan karya ilmiah yang berjudul Mucuna pruriens Meat Analog as Potential Indigenous Crop to Improve the Nutrition and Quality of Indonesian People and Foster Food Diversification.

Ada pula di bidang ekologi, Annisa Hasanah, mahasiswa Arsitektur Lanskap dengan karya ilmiah yang berjudul Landscape Habitat Characeristic Study of Oriental Honey Buzzard (Pernis ptilorhynchus) Wintering in South Kalimantan Based on Satellite Tracking.

Kepada Kompas,  Annisa Hasanah, Selasa (9/8/2011), menjelaskan delegasi IPB ini akan mendapat bantuan dari beasiswa Kemendiknas RI. Keberangkatan 12 mahasiswa ini akan didampingi Dr. Rimbawan (Direktur Kemahasiswaan IPB), Ir. Sri Endah Agustina, MS dan Dr. Desrial (staf pengajar Fakultas Teknologi Pertanian - IPB), dan juga oleh Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto (Rektor IPB).

The Tri-University International Joint Seminar and Symposium merupakan sebuah kegiatan tahunan yang dipelopori oleh tiga universitas sebagai founder yaitu, Mie University - Jepang, Jiang Su University - China, dan Chiang Mai University - Thailand.

Kegiatan ini pertama kali diadakan di Mie University pada tahun 1994, dengan mengundang beberapa universitas yang sudah memiliki kerja sama. Pemrakarsa kegiatan ini menilai pentingnya memberikan pengalaman interaksi antar mahasiswa yang lebih berwarna dan lebih dari sekedar pertukaran mahasiswa secara akademik.

Kesadaran akan pentingnya kemampuan sumber daya manusia untuk bekerja sama dan berkomunikasi secara luas di tengah pesatnya globalisasi menjadi salah satu alasan diselenggarakannya kegiatan ini dengan memfokuskan pada mahasiswa sebagai generasi muda dan para peneliti.

Pada tahun 2012 mendatang, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah dalam program Tri-University. Indonesia telah resmi ditunjuk sebagai founder ke-4 untuk program ini. Terlebih lagi, IPB merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang menjadi anggota dalam program tersebut.

Oleh karena itu, tahun ini merupakan tahun yang cukup penting bagi delegasi IPB karena tidak hanya mempresentasikan hasil karya ilmiah saja tetapi juga untuk menyampaikan kesiapan IPB sebagai wakil Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pada tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com