Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Belajar Siswa Tak Berkurang

Kompas.com - 12/08/2011, 19:36 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Jam belajar siswa di Kota Banda Aceh tidak berkurang selama Ramadhan 1432 Hijriah, demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Sofyan Sulaiman.

"Kendati ada penambahan jam pendidikan agama tidak mengurangi jam belajar mata pelajaran lainnya selama bulan puasa," katanya di Banda Aceh, Jumat (12/8/2011).

Sebelumnya, kata dia, banyak pihak menyangsikan dengan adanya penambahan jam pendidikan agama akan mengurangi jam belajar mata pelajaran umum.

Selama Ramadhan 1432 Hijriah, kata dia, jam pendidikan agama menjadi 10 jam per minggu, sedangkan hari biasa hanya empat jam per pekannya.

"Penambahan jam ini lebih difokuskan untuk meningkatkan pemahaman aqidah kepada anak didik. Penambahan jam pendidikan agama ini hanya berlaku untuk tiga minggu dan cuma berlangsung selama Ramadhan," katanya.

Menurut dia, adanya penambahan pendidikan agama enam jam per minggu ini karena selama Ramadhan banyak digelar ceramah Islami yang dilakukan di sekolah-sekolah.

Selain itu, sebut dia, juga digelar ceramah umum yang dihadiri anak didik dari sejumlah sekolah tiga kali sepekan di Aula Balai Kota Banda Aceh.

"Ceramah umum di aula ini dihitung dua jam dan dihadiri sekitar 500 siswa. Kami harapkan dengan adanya ceramah umum ini bisa meningkatkan aqidah anak didik," katanya.

Menyangkut proses belajar mengajar mata pelajaran umum, Sofyan mengatakan tetap berjalan seperti biasanya. Bahkan, penambahan jam pendidikan agama ini tidak mengganggu jam tatap muka mata pelajaran umum.

"Ramadhan tidak mempengaruhi waktu efektif proses belajar mengajar. Kami tetap menjaga agar waktu efektif pendidikan dalam satu tahun ajaran sebanyak 240 hari terlaksana dengan baik," demikian Sofyan Sulaiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com