Senin, 21 April 2014

News / Regional

Program Kegiatan Pramuka Harus Fokus

Minggu, 14 Agustus 2011 | 16:00 WIB

Baca juga

SURABAYA, KOMPAS.com - Pramuka harus membangun program kegiatannya lebih fokus, terutama membantu permasalahan yang dihadapi masyarakat. Jika kegiatan fokus dan konkrit, akan ada kemenangan kecil yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Program jangan hanya banyak tapi di awang-awang," kata Gubernur Jatim, Soekarwo, pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-50 Pramuka, di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (14/8/2011).

"Kebutuhan masyarakat adalah tindakan yang sifatnya konkrit, jadi Pramuka harus bisa fokus. Semisal, ketika demam berdarah melanda warga , Pramuka rela menjadi mantri jentik di daerah masing-masing, sehingga demam berdarah dapat dicegah tidak meluas. Pramuka sudah berbuat banyak, jadi masyarakat makin merasakan manfaat kehadiaran Pramuka," ujarnya.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jatim itu juga menyematkan beberapa tanda penghargaan, berupa Lencana Melati, Dharma Bhakti, Karya Bhakti, dan Lencana Teladan. Lencana tersebut diberikan atas jasa bagi perkembangan gerakan pramuka.

Lencana Melati, antara lain diberikan kepada Ketua Kwarcab Kabupaten Pamekasan, Madura Kadarisman Sastrodiwirjo, Pelatih Kwarcab Kota Surabaya Sugeng Y Santoso, Waka Kwarcab Magetan Sukesi.

Lencana Dharma Bhakti Waka Kwarda Jatim Rasiyo dan Andalan Kwarda Jatim Edi Purwinarto. Hadir dalam kesempatan itu Ketua Kwarda Jatim Saifullah Yusuf, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim dan Soenarjo, Kepala SKPD di lingkungan Provinsi Jatim, para pembina serta penegak pramuka Jatim.


Editor : Agus Mulyadi