Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Wow, Beasiswa Rp 10 M untuk 1000 Mahasiswa!

Kompas.com - 15/08/2011, 16:53 WIB

KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara  menyiapkan anggaran Rp 10 miliar pada APBD 2011 untuk pemberian beasiswa bagi 1.000 mahasiswa. Gubernur Sulawesi Tenggara H Nur Alam mengatakan, mahasiswa yang berhak mendapatkan adalah mereka yang terlibat dalam program "Cerdas Sultraku". Mahasiswa yang ikut dalam ’Program Cerdas Sultraku’ tersebut dijaring dari lulusan SLTA terbaik dari 12 kabupaten/kota se-Sultra, melalui seleksi yang sangat ketat.

"Mahasiswa yang akan menerima beasiswa dari dana tersebut, adalah mereka yang ikut dalam ’Program Cerdas Sultraku’," kata Nur Alam, di Kendari, Senin (15/8/2011).

Ia mengungkapkan, mereka yang dinyatakan lulus dalam seleksi itu akan langsung diterima menjadi mahasiswa di Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang, Jawa Tengah.

"Seluruh biaya kuliah, termasuk biaya hidup selama mengikuti kuliah di Unisula, akan dibiayai dengan dana beasiswa yang disiapkan dalam APBD Sultra pada setiap tahunnya," katanya.

Program Cerdas Sultraku, jelasnya, merupakan kerjasama antara Pemprov Sultra dengan Unisula Semarang. Melalui program tersebut kata dia, Pemprov Sultra setiap tahun mengirimkan mahasiswa kuliah di Perguruan Tinggi Islam tersebut sebanyak 1.000 orang, dengan biaya kuliah sepenuhnya ditanggung Pemprov Sultra.

Dalam kerjasama tersebut, Unisula hanya menyediakan kuota bagi putra putri asal Sultra kuliah di perguruan tinggi itu. Adapun, pemerintah provinsi membayar SPP hingga selesai kuliah. Dengan program ini, masyarakat, terutama orangtua mahasiswa diharapkan tidak lagi terbebani dengan biaya pendidikan di perguruan tinggi yang sangat mahal.

"Ini bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM), yang tidak bisa disamakan dengan pembangunan fisik yang bisa dilihat secara kasat mata," katanya.

Kebijakan memberikan beasiswa kepada 1.000 mahasisiwa setiap tahun itu, menurut Nur Alam, telah pula dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pemerintah Provinsi yang terbanyak memberikan beasiswa bagi mahasiswa. Rekor ini akan diserahkan secara resmi pada September 2011 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com