Selasa, 29 Juli 2014

News / Edukasi

HUT RI ke-66 Tahun

Renungan Kebangsaan untuk Kecintaan Tanah Air

Rabu, 17 Agustus 2011 | 08:43 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Memperingati Hari Kemerdekaan ke-66 Republik Indonesia, Universitas Indonesia menggelar renungan kebangsaan dengan tema "Malam Peneguhan Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan Indonesia", Selasa (16/8/2011) malam, di Plaza Gedung Perpustakaan Pusat UI, Depok, Jawa Barat.

Renungan kebangsaan dimulai dengan pemutaran film-film dokumenter tentang kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Selanjutnya, ditampilkan juga lagu-lagu perjuangan oleh penyanyi solo UI diiringi alunan musik piano, biola, dan flute mahasiswa serta alumni dari Orkes Simfoni UI Mahawaditra. Kemudian, puisi kemerdekaan yang diiringi instrumen khas biola mengantar Sapardi Djoko Damono membacakan sebuah puisi.

Sekitar 17 menit sebelum pukul 00.00, semua yang hadir dalam renungan kebangsaan diajak untuk bertafakur dalam silent moment. Tepat pukul 00.00, 17 Agustus 2011, Taufik Ismail membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" diiringi maestro biola Indonesia Idris Sardi. Penampilan Idris Sardi yang menyajikan medley lagu-lagu perjuangan seakan membius semua orang dalam acara ini.

Rektor UI Gumilar R Somantri mengatakan, renungan kebangsaan ini adalah yang pertama kali digelar. Ia berharap kegiatan ini dapat menggugah sekaligus membangkitkan semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air bagi mahasiswa dan masyarakat luas.

Sebagai institusi pendidikan terkemuka, kata Gumilar, UI yang juga tak bisa dilepaskan dari catatan perjuangan bangsa ini ingin menyampaikan pesan moral tentang pentingnya arti kemerdekaan bagi suatu bangsa dan semangat bela negara.

"Acara ini berangkat dari sebuah perbincangan saya dengan beberapa rekan tentang kita yang sering lupa untuk menghayati dengan cermat dan sepenuh jiwa apa itu kemerdekaan," kata Gumilar.


Editor : Inggried