Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Juara KIAD Competition 2011

Kompas.com - 20/08/2011, 01:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong terciptanya iklim kewirausahaan yang inovatif, khususnya di bidang industri kreatif, media dan teknologi informasi di Indonesia, KOMPAS bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan didukung oleh RIM, sejak Mei silam telah mengadakan ITB Application Development (KIAD) Competition 2011.

Kompetisi tersebut adalah untuk BlackBerry Platform dan bertujuan memberi kesempatan nyata bagi peserta BlackBerry developers, terutama developers muda untuk menjadi pengembang BlackBerry App yang profesional dan berdaya saing. KIAD Competition 2011 terbuka bagi pribadi maupun kelompok baik itu mahasiswa maupun umum yang sanggup mengikuti semua sesi pengembangan (coaching clinic) atas biaya sendiri. Peserta juga sanggup menyelesaikan aplikasi sampai tuntas sesuai jadwal yang sudah ditentukan serta bersedia menyerahkan hasil karyanya kepada KOMPAS.

Adapun untuk cakupannya, KIAD Competition 2011 meliputi kompetisi pemilihan 10 aplikasi terbaik, inkubasi yaitu coaching clinic pengembangan 10 aplikasi bersama KOMPAS, ITB, 7Langit (pengembang aplikasi BlackBerry), serta IdBerry (komunitas BlackBerry). Selanjutnya adalah monetizing, yaitu kontrak kerja sama komersial selama setahun untuk tiga aplikasi terbaik.

Adapun untuk kriteria aplikasinya, para peserta dituntut untuk mengajukan ide yang orisinal, karena aplikasi tersebut ditargetkan untuk para pengguna BlackBerry di Indonesia. Selain itu, aplikasi yang diajukan juga harus memanfaatkan aneka konten dari KOMPAS dan KOMPAS.com, serta fitur teknologi RIM dan sosial media sebanyak mungkin. Nantinya, aplikasi native akan beroperasi di platform BlackBerry OS 5 ke atas atau BlackBerry PlayBook.

Dari total 186 ide yang masuk ke penjurian, terpilih 10 ide terbaik (9 dari Bandung dan 1 dari Jakarta). Sepuluh aplikasi ini berhasil melewati kriteria kesesuaian dengan kebutuhan Kompas Gramedia, yang menawarkan teknologi atau fitur location based service, augmented reality, media sosial, realistis untuk diwujudkan, dan siap pakai.

Sebelumnya, kesepuluh peserta ini telah mengikuti coaching clinic pengembangan 10 aplikasi di bawah bimbingan tim dari KOMPAS, Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB, 7Langit, dan IdBerry.

Setelah melalui beberapa tahap penilaian, tim dewan juri memilih Kompas TTS karya Ecky Putrady sebagai juara kompetisi. Aplikasi Sosok Indonesia karya Yeri Haryanto keluar sebagai pemenang kedua dan aplikasi Kompas eReader for PlayBook karya Dody Dharma di urutan ketiga.

Pengumuman tiga aplikasi pemenang terbaik itu dilangsungkan pada Jumat (19/8/2011) di Hotel Santika Premiere Jakarta. Masing-masing pemenang alikasi terbaik KIAD Competition 2011 berhak atas hadiah berupa uang tunai dengan total hadiah mencapai Rp 45 juta. Selain itu, para pemenang juga mendapatkan produk BlackBerry dan kesempatan kontrak kerja sama komersial selama setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com