Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Eks Mahasiswa Libya Lanjutkan Studi di Unpad

Kompas.com - 23/08/2011, 14:02 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Lima mahasiswa Indonesia yang dievakuasi dari Libya memilih melanjutkan studi di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat. Staf Humas Unpad, Weny Widyowati, mengatakan, kelima mahasiswa tersebut adalah Hidayatullah Negarawan El-Islamy (Sastra Arab), Hendi Nugraha (Fakultas Ekonomi), Gelar Digjaya Muhammad (Fakultas Ekonomi), Anisatul Fadhilah (Sastra Arab), dan M Miftakhur Risal (Sastra Arab).

"Semuanya merupakan mahasiswa The Islamic Call College, salah satu universitas di Tripoli, Libya," ujar Weny di Bandung, Selasa (23/8/2011).

Weny menjelaskan, para mahasiswa ini terpaksa kembali ke Tanah Air dan melanjutkan studi di Indonesia akibat instruksi pemerintah untuk mengevakuasi semua warga negara Indonesia yang berada di Tripoli, Libya.

"Berdasarkan instruksi pemerintah, semua mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Libya dikembalikan dan ditempatkan di sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia, salah satunya Unpad," kata Weny.

Evakuasi itu terpaksa dilakukan Pemerintah Indonesia karena kondisi keamanan di Libya semakin tidak kondusif akibat pergolakan politik yang terjadi sejak Maret lalu.

"Rencananya kelima mahasiswa itu akan melanjutkan studi sesuai dengan pilihan fakultas yang sudah mereka dapatkan di Libya. Dari lima itu, tiga di antaranya akan melanjutkan di Sastra Arab, sedangkan dua lagi akan melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi. Mereka tinggal melanjutkan dan disesuaikan dengan waktu semester yang tertinggal," papar Weny.

Untuk biaya selama mengikuti perkuliahan, Dikti akan memberikan beasiswa berupa uang bulanan dan biaya pendidikan bagi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com