Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Mengancam Mogok

Kompas.com - 08/09/2011, 14:58 WIB

JAMBI, KOMPAS.com -- Ribuan guru di Kota Jambi, Provinsi Jambi, mengancam akan mogok mengajar bila pemerintah tidak mempedulikan tuntutan mereka. Dalam unjuk rasa di Gedung DPRD Kota Jambi, Kamis (8/9/2011), para guru mendesak pencairan tunjangan sertifikasi yang sudah tidak dibayarkan sejak akhir tahun lalu.

"Ini akan seperti bola salju. Selama para guru tidak memperoleh kejelasan, jangan salahkan kami jika pendidikan di sekolah-sekolah jadi terbengkalai," ujar Aswin, koordinator aksi.

Dalam aksi tersebut, ada lebih dari 1.000 guru meninggalkan sekolah untuk ikut berunjuk rasa. Mereka mewakili sekitar 3.000 guru bersertifikasi yang tidak memperoleh tunjangan sejak akhir tahun 2010. Padahal, setiap guru mestinya memperoleh tunjangan Rp 2,5 juta per bulan.

Diperkirakan sekitar Rp 45 miliar untuk tunjangan bagi 3.000 guru bersertifikasi di Kota Jambi yang belum dikucurkan. Akibatnya, sejumlah guru terpaksa ngutang untuk mengatasi kesulitan keuangan keluarganya.

Guru SDN 40, Kemas Sofian mengatakan, sebagian guru tidak menyangka dana tunjangan tersendat sejak Desember 2010 hingga sekarang. Jika dijumlahkan, dana yang semestinya sudah mereka terima sebesar Rp 15 juta per orang merupakan tunjangan selama tujuh bulan, Desember 2010-Juni 2011.

Menurut Sofian, sejak dijanjikan memperoleh dana tunjangan, sebagian guru sudah memiliki alokasi dana, misalnya menyekolahkan anak ke tingkat lebih tinggi. Tersendatnya dana tunjangan ini mengakibatkan mereka terpaksa mengutang.

"Bayar sekolah atau kuliah anak pakai apa kalau uangnya tersendat. Jadi ada yang terpaksa mengutang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com