Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka, Pendaftaran Calon Rektor Unej

Kompas.com - 12/09/2011, 10:44 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, menyiapkan sebanyak 10 formulir untuk para kandidat yang mencalonkan diri sebagai bakal calon Rektor Unej periode 2012-2016. Pendaftaran dan pengambilan formulir dibuka mulai hari ini, Senin (12/9/2011).

"Pengambilan formulir bakal calon rektor mulai dibuka hari ini di sekretariat panitia, dan kami menyiapkan sebanyak 10 formulir," kata Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor Unej, Andang Subaharianto di Jember, hari ini.

Sesuai dengan jadwal tahapan, sosialisasi peraturan dan jadwal pemilihan rektor dilaksanakan 25 Agustus-10 September 2011. Adapun, pengambilan formulir untuk bakal calon rektor di sekretariat panitia penjaringan pada 12-16 September 2011.

"Masa jabatan Rektor Unej Tarcisius Sutikto berakhir pada 25 Januari 2012, sehingga tiga bulan sebelum masa jabatan itu berakhir harus terpilih rektor baru dan pemilihan Rektor Unej akan digelar pada November 2011 mendatang," ujarnya.

Andang menjelaskan, kandidat rektor bisa mengambil formulir sendiri di sekretariat panitia penjaringan bakal calon rektor atau diwakilkan oleh orang lain dengan menggunakan surat kuasa.

"Siapapun boleh mencalonkan diri sebagai Rektor Unej periode 2012-2016, asalkan memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan Permendiknas Nomor 24 tahun 2010 tentang Pengangkatan dan Pemberhantian Rektor Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah," paparnya.

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon rektor, lanjut dia, hampir sama dengan pemilihan rektor lima tahun lalu. Namun, ada tiga persyaratan yang baru dalam pemilihan rektor tahun ini.

"Tiga persyaratan yang baru itu adalah calon rektor harus memiliki gelar Doktor atau sudah menempuh S-3, tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan, dan memiliki pengalaman manajerial di lingkungan perguruan tinggi sekurang-kurangnya dua tahun," kata Andang, yang menjabat Pembantu Rektor III Unej.

Unej memiliki dosen yang sudah mendapatkan gelar doktor sebanyak 94 orang dan semuanya memiliki peluang yang sama untuk mencalonkan diri sebagai Rektor Unej periode 2012-2016.

Ia menambahkan, pemilihan Rektor Unej tahun ini berbeda dengan pemilihan rektor sebelumnya karena Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh memiliki hak suara sebesar 35 persen untuk menentukan rektor perguruan tinggi, sedangkan suara Senat Universitas memiliki hak suara sebesar 65 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com