Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas Akan Gelar Pertemuan dengan UI

Kompas.com - 13/09/2011, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional M Nuh mengatakan, pihaknya akan mengundang elemen Universitas Indonesia untuk menyelesaikan polemik yang berkembang selama beberapa pekan ini. Mereka yang akan diundang adalah Rektorat UI, Majelis Wali Amanat (MWA), dan pihak-pihak lain yang ada dalam pusaran polemik ini.

Pertemuan itu, kata Nuh, akan dilaksanakan pada Selasa (13/9/2011) malam nanti, di kantornya, Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Nuh akan mengajak semua pihak untuk membeberkan apa yang sebenarnya terjadi dan memikirkan solusi yang baik dan cepat.

"Baru nanti malam kami akan mengundang semuanya, MWA, rektorat, semuanya akan kita undang. Kita ajak mikir bareng dan berbicara sebagai keluarga besar. Saya harap semua pihak yang kami undang bisa datang," katanya, Selasa (13/9/2011), di Jakarta.

Selain itu, Nuh juga mengimbau agar semua pihak yang terkait dengan permasalahan UI tidak bertindak terlalu jauh. Menurutnya, selain bagian dari proses, hal terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah mempertemukan kedua belah pihak yang berseteru. Kemdiknas, tegasnya, siap menjembatani jika persoalan tidak bisa diselesaikan di internal UI.

"Sudahlah tidak perlu pakai demonstrasi, mogok kuliah dan mogok mengajar. Jangan mengorbankan akademik untuk persoalan yg bisa diselesaikan. Mudah-mudahan nanti malam selesai," kata Nuh.

Polemik UI bermula dari pro dan kontra keputusan UI memberikan gelar doktor honoris causa kepada Raja Arab Saudi. Protes pun akhirnya meluas hingga ke kritik terhadap kepemimpinan Rektor UI Gumilar Rosliwa Somantri dan tata kelola universitas yang dinilai tidak transparan. Badan Eksekutif Mahasiswa UI pun mengeluarkan ancaman, akan melakukan mogok kuliah jika persoalan yang ada tidak segera diselesaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com