Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Aksi, BEM UI Layangkan 3 Tuntutan

Kompas.com - 14/09/2011, 12:41 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menggelar aksi demonstrasi di Bundaran Rotunda Gedung Rektorat UI, Kampus Depok, Jawa Barat, Rabu (14/9/2011). Dalam aksi tersebut, mahasiswa yang ikut dalam aksi itu menuntut tiga hal terkait tata kelola UI.

Pertama, menuntut rencana strategis perbaikan kinerja pelayanan kemahasiswaan yang terukur dalam segala bidang. Kedua, menuntut adanya evaluasi dan perbaikan terhadap penyeimbangan dalam setiap mekanisme jalur masuk UI. Ketiga, cabut Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan optimalkan peran ventura untuk biaya kuliah yang pro-rakyat.

Koordinator lapangan aksi demonstrasi yang juga anggota BEM UI dari Fakultas Ekonomi, Zakiyus Shadicky, mengatakan, tujuan utama dari aksi demonstrasi ini adalah ingin menunjukkan suara mahasiswa yang sebenarnya.

"Mengenai peningkatan kualitas pelayanan mahasiswa, bagaimana kita melihat rencana strategis biaya di UI lebih transparan dan lebih akuntabel. Karena selama dalam kepemimpinan rektor saat ini banyak pengeluaran yang tidak digunakan semestinya," kata Dicky, di lokasi aksi.

Setelah menjalankan aksi dan berorasi selama lebih kurang satu jam, ratusan mahasiswa ini membubarkan diri. Aksi yang digelar para mahasiswa ini merupakan bagian dari respons atas polemik yang terjadi di UI. Mereka mempertanyakan tata kelola dan transparansi pengelolaan universitas di bawah kepemimpinan Reektor UI Gumilar Rusliwa Somantri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com