Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus SMK Runner Up "Miss Deaf World 2011"

Kompas.com - 15/09/2011, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alumnus SMK Santa Maria, Jakarta Pusat, Dian Inggrawati, terpilih sebagai runner up 2 (juara ketiga) dalam kompetisi Miss Deaf World 2011. Kompetisi tersebut digelar di Praha, Cheko, Juli 2011 lalu dan khusus diikuti oleh duta tunarungu (deaf) dari 38 negara di seluruh dunia.

Dalam kompetisi tersebut, Dian berhasil mengungguli kontestan lain setelah mengikuti beberapa materi yang dilombakan. Ia menjalani sejumlah tes, diantaranya tes kepribadian, kecantikan alami, keterampilan tata busana, hingga keterampilan kesenian.

Ibunda Dian, Ida Hermawan, mengatakan, keikutsertaan Dian dalam kontes ratu kecantikan tunarungu 2011 berkat informasi dari sebuah yayasan. Berbekal informasi tersebut dan dukungan dari beberapa sponsor akhirnya Ida berangkat ke Praha, Cheko, pada 30 Juni lalu untuk mendampingi putrinya selama mengikuti kontes tersebut.

"Pihak penyelenggara mengundang sebuah yayasan untuk mengirimkan duta tunarungunya. Proses pendaftaran kami lakukan secara online pada Februari 2011 lalu," kata Ida, Kamis (15/9/2011) siang, seusai bertemu Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, di Jakarta.

Atas prestasinya tersebut, Dian tidak hanya diterima secara langsung sebagai tamu Wamendiknas, tetapi juga diproyeksikan sebagai Duta Pendidikan Inklusi Kemdiknas.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Pembinaan SMK, Joko Sutrisno, mengaku sangat terkejut sekaligus bangga atas apa yang dicapai oleh Dian. Ia pun memberikan apresiasi dengan menghadiahi Dian seperangkat komputer. Diharapkan, komputer tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai alat untuk mempersiapkan masa depan Dian.

"Bagi kami ini spesial dan surprise, kami tidak pernah bermimpi akan ada alumnus SMK yang mempunyai prestasi seperti ini. Dian sudah mengharumkan nama bangsa," ujar Joko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com