Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Perkuliahan di Kampus Unpatti Sudah Dimulai

Kompas.com - 19/09/2011, 17:33 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon yang berlokasi di Desa Poka, Kecamatan Teluk Dalam, Kota Ambon, Senin (19/9/2011), pascakonflik antarwarga di Kota Ambon kembali beraktivitas. Aktivitas di kampus Unpatti Ambon sehubungan kondisi keamanan di ibu kota Provinsi Maluku ini semakin kondusif.

Terlihat aktivitas di kantor pusat, kantor registrasi dan perkuliahan di masing - masing fakultas kembali ramai. Kegiatan di delapan fakultas yakni Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pertanian, Perikanan, Teknik dan MIPA serta program Pendidikan Kedokteran terlihat ramai.

Para dosen kembali memberikan kuliah, mahasiswa mengembalikan berkas pendaftaran tahun akademik 2011/2012 di kantor registrasi maupun berbincang - bincang di masing - masing fakultas dengan tidak ada rasa khawatir.

Di kantor pusat Unpatti terlihat mobil Rektor Prof DR Bert Tetelepta maupun para Pembantu Rektor (PR) seperti PR II, Hengky Hattu sedang parkir.

Kegiatan di kampus Unpatti Ambon itu berdasarkan pesan singkat (SMS) beredar di mahasiswa dari http://universitaspattimura.ac.id menyatakan seluruh pegawai dan mahasiswa Unpatti Ambon mulai Senin, aktivitas perkuliahan berlangsung.

Kembali beraktivitasnya kampus Unpatti ini mengakibatkan jasa Kapal Motor Penyeberangan (KMP) trayek Halong, kecamatan Baguala - Poka terjadi antrean panjang kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Begitu pun para mahasiswa, dosen dan pegawai berjubel memanfaatkan jasa transportasi penyeberangan yang terlihat dilayani tiga unit KMP.

Para mahasiswa mengharapkan pertikaian antarwarga di kota Ambon yang sering memanfaatkan simbol - simbol agama jangan terulang kembali karena mengganggu kegiatan perkuliahan.

"Bagaimana sumber daya manusia mau disiapkan dengan kondisi stabilitas keamanan yang tidak menentu, bahkan tragisnya sering kampus dibakar massa, makanya aparat keamanan diharapkan bertindak tegas terukur terhadap siapa pun yang tidak mau Maluku damai," ujar para mahasiswa.

Unpatti Ambon adalah Perguruan Tinggi(PT) negeri yang didirikan pada 23 April 1963 dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 66. Pattimura adalah gelar pahlawan nasional asal Maluku yakni Thomas Matulessy.

Kegiatan di kampus Unpatti Ambon kembali aktif karena transportasi umum semakin lancar sehingga memungkinkan berbagai kegiatan normal sehubungan semakin stabilnya situasi keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com