Rabu, 27 Agustus 2014

News / Edukasi

Beasiswa

1.000 Beasiswa di Sultra Masuk Rekor Muri

Selasa, 20 September 2011 | 10:18 WIB

Terkait

KENDARI, KOMPAS.com — Pemberian beasiswa kepada 1.000 mahasiswa asal Sulawesi Tenggara (Sultra) yang kuliah di Universitas Sultan Agung (Unisula), Semarang, Jawa Tengah, oleh Gubernur Sultra masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai gubernur pemberi beasiswa terbanyak tahun ini. Gubernur Sultra H Nur Alam mengatakan, Muri, lembaga pencatat rekor dunia Indonesia, akan memberikan penghargaan tersebut pada Oktober 2011 bersamaan dengan pembukaan pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) di Kendari.

"Saya sudah menerima pemberitahuan dari Muri untuk menerima penghargaan itu. Mereka (Muri) akan menyampaikan penghargaan itu kepada saya, Oktober mendatang, saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka pameran TTG di Kendari," katanya.

Pemberian beasiswa kepada 1.000 mahasiswa itu merupakan bagian dari program Cerdas Sultraku, yakni program pendidikan yang digulirkan Pemerintah Provinsi Sultra berkerja sama dengan Unisula, Semarang.

Melalui program tersebut, Pemprov Sultra setiap tahun memberikan beasiswa kepada 1.000 mahasiswa yang kuliah di universitas tersebut, sedangkan pihak Unisula menyiapkan kuota kursi bagi 1.000 mahasiswa tersebut.

"Program itu kami gulirkan untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah ini. Sebab, daerah ini hanya akan berkembang maju jika memiliki SDM yang berkualitas," katanya.

Menurut Nur Alam, dalam mendukung program Cerdas Sultraku tersebut, tahun ini pihaknya menyediakan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar lebih dari Rp 10 miliar. Dana itu akan digunakan untuk membayar SPP bagi 1.000 penerima beasiswa program tersebut, termasuk biaya hidup selama kuliah di Universitas Unisula, Semarang.

"Setiap tahun dana yang disediakan itu akan ditingkatkan nilainya karena jumlah mahasiswa penerima beasiswa itu juga setiap tahun akan bertambah 1.000 orang," katanya. Program Cerdas Sultraku merupakan aplikasi dari Program Pendidikan Gratis Bahtermas yang digulirkan Pemerintah Provinsi Sultra. Program tersebut membebaskan biaya pendidikan mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMA. Bahkan, mulai tahun 2011 Pemprov Sultra juga telah memberikan dana bantuan operasional sekolah kepada sekolah TK.


Editor : Inggried
Sumber: