Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdiknas: Aksi Kekerasan Pelajar Memalukan

Kompas.com - 22/09/2011, 10:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Hamid Muhammad mengaku sangat malu dengan aksi kekerasan yang dilakukan pelajar. Pada Senin lalu, terjadi pengeroyokan oleh siswa-siswa SMA Negeri 6 Jakarta Selatan terhadap sejumlah wartawan. Hal itu mengakibatkan para wartawan mengalami luka-luka, sejumlah siswa juga dilaporkan mengalami hal yang sama.

Menurut Hamid, pihaknya malu karena aksi pengeroyokan itu terjadi tidak jauh dari kantor Kemdiknas yang terletak di kawasan Jalan Jenderal Sudirman. Ia juga mengatakan, aksi kekerasan yang dilakukan pelajar juga berbanding terbalik dengan gerakan pendidikan karakter yang tengah digaungkan.

"Kami sangat malu karena seharusnya sekolah-sekolah di Ibu Kota negara memberikan contoh baik. Ini malah mempertontonkan tindak kekerasan yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai pendidikan. Semangat pendidikan karakter dijawab dengan aksi semacam itu," kata Hamid, Rabu (21/9/2011), di Jakarta.

Oleh karena itu, ia mengaku telah meminta jajarannya untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta untuk melakukan identifikasi hal-hal yang memicu terjadinya aksi pengeroyokan itu, termasuk sekolah-sekolah lain yang selama ini tercatat sering terlibat tawuran dan tindak kekerasan di lingkungan sekolah. Menurut Hamid, Kemdiknas ataupun Disdik DKI Jakarta bertanggung jawab dalam membuat regulasi kontrol di sekolah secara komprehensif.

"Kami akan tangani secara terintegrasi. Kami tidak mau mempertontonkan hal seperti kemarin," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com