Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengumpulkan Bekal "Entrepreneurship" Sejak di Bangku Kuliah

Kompas.com - 23/09/2011, 10:10 WIB
Lidya Natasha Hadiwinata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi entrepreneur atau wirausahawan menjadi salah satu profesi yang banyak diminati belakangan ini. Para lulusan perguruan tinggi tak lagi berorientasi menjadi pekerja di sebuah perusahaan, tetapi mulai merintis jalan untuk berbisnis. Bekal menjadi seorang entrepreneur pun sudah mulai diberikan sejak di bangku kuliah.

“Nilai-nilai tersebut perlu ditanamkan sejak dini kepada peserta didik,” kata Budi W. Soetjipto, Direktur Eksekutif IPMI Business School dalam Student Entrepreneurship Challenge Program, Kamis (22/9/2011).

Budi mengungkapkan, ada sifat-sifat yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Hal ini, menurutnya, sudah diajarkan kepada mahasiswa sedini mungkin, sejak pengenalan atau orientasi kampus kepada mahasiswa baru.

Staf training and consulting IPMI Arum Indriasari mengungkapkan, untuk menjadi seorang entrepreneur yang baik, harus menumbuhkan sejumlah sikap di dalam diri.  

"Entrepreneur yang baik adalah orang yang menanamkan nilai-nilai atau values kebudayaan yang ada dalam dirinya. Tanamkan rasa cinta bangsa dan negara dalam hati kita untuk menciptakan sesuatu yang dapat membuat bangga negara kita," jelas Arum.

Jika ingin menjadi entrepreneur yang sukses juga harus berani mengambil risiko. Sebab, dunia bisnis tak lepas dari risiko, walaupun hanya dalam skala kecil.

Lainnya, menjadi seorang entrepreneur juga harus menyukai tantangan. "Dengan melakukan sesuatu yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya,  tentu akan timbul suatu ide cemerlang yang berbeda dari pesaing bisnis kita. Jangan takut dengan tantangan, justru kita harus berani mencoba tantangan tersebut,” tambah Arum.

Entrepeneur juga harus memiliki motivasi yang kuat, jangan mudah menyerah, dan harus bisa menyelesaikan segala persoalan yang muncul. Tanggung jawab juga penting dimiliki.

“Kami juga mengajarkan mahasiswa untuk meningkatkan presentation skill-nya, dan untuk menjadi entrepreneur yang baik, kita harus memiliki semangat, dan juga bisa bekerjasama dalam tim. Teamwork itu penting,” kata Arum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com