Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut-Jerman Jajaki Kerja Sama Pendidikan Kejuruan

Kompas.com - 27/09/2011, 18:57 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan yang ada di sekolah menengah kejuruan (SMK).

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah mengirimkan guru dan kepala sekolah, yakni Hessen dan Nassau, untuk mempelajari sistem kurikulum yang diterapkan di sekolah kejuruan Jerman," ujar Kepala Bagian Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Christian Sumampouw di Manado, Selasa (27/9/2011).

Dia mengatakan, terkait kerja sama pendidikan kejuruan ini, Pemerintah Jerman telah mengirimkan beberapa profesor dan rektor universitas untuk mempelajari sistem belajar-mengajar di Sulawesi Utara (Sulut). "Ini adalah kunjungan balasan. Mereka pada Senin (26/9/2011) telah melakukan kunjungan ke daerah ini," ujar Sumampouw.

Saat melakukan kunjungan, kata Sumampouw, Wakil Gubernur Djouhari Kansil memberikan apresiasi atas kunjungan balasan yang dilakukan Joachim Schuh, Helmut Lohkamp, dan beberapa profesor lainnya.

"Inti dari kunjungan guru Sulut ke Jerman waktu lalu untuk menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Jerman dalam rangka peningkatan kualitas kurikulum SMK. Penjajakan ini mendapat respons positif," ujarnya.

Menurutnya, peningkatan kurikulum tersebut dimaksudkan agar siswa terlatih dan makin terampil dalam mengoperasikan peralatan modern. Keterampilan ini akan menjadi bekal ketika memasuki pasar kerja.

"Namun, yang paling utama adalah bagaimana mengupayakan lulusan SMK bukan sekadar mampu dan siap kerja, melainkan juga bisa menciptakan lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi masyarakat lainnya," kata Sumampouw mengutip penjelasan Wakil Gubernur.

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga akan memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran dan sistem administrasi sekolah untuk meningkatkan kualitas.

"Pemerintah provinsi juga berupaya meningkatkan kualitas guru melalui program sertifikasi dan penyetaraan kualifikasi guru serta peningkatan mutu layanan pendidikan melalui program Sekolah Standar Nasional (SSN), ISO, dan program keahlian unggulan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com