Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magang Internasional, Bonus Studi di Negeri Kincir Angin

Kompas.com - 03/10/2011, 09:51 WIB
M.Latief

Penulis

DEVENTER, KOMPAS.com - Memiliki tiga kampus di tiga kota di Belanda, yaitu Deventer, Entschede, dan Apeldoorn, Saxion University saat ini merupakan salah satu kampus terbesar di negeri Kincir Angin tersebut. Tahun ini, dari 22.000 pelajar yang terdaftar di dalamnya, ada sekitar 30 pelajar Indonesia tengah menimba ilmu di sana bersama 1000 pelajar internasional lainnya. KOMPAS.com mengunjungi kampus utamanya di Deventer, sebuah kota kecil namun sangat nyaman pekan lalu.

Sebagai perguruan tinggi yang memberi diri dengan label university of applied science, Saxion University tampak cukup padat dengan pelajar-pelajar internasional. Bukan saja datang dari Eropa dan benua Amerika, karena kampus ini juga dijejali mahasiswa dari Asia seperti China, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan lainnya seperti dari Afrika.

Selama kuang lebih lima tahun, pada skema kerjasama beasiswa antara Pemerintah Kerajaan Belanda yang difasilitasi Nuffic Neso Indonesia dengan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia, kampus ini dipilih untuk mendidik sumber daya manusia dan kebutuhan tenaga-tenaga riset aplikatif yang cocok bagi negara berkembang seperti Indonesia. Khususnya melalui International Program untuk double degree, Saxion telah menyiapkan beberapa program studi yang saat ini telah dikolaborasikan dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, seperti Art & Technology, Business Engineering, Leadership in Social Network, Urban & Regional Planning, Urban Design, dan banyak lagi.

Director of International Office Saxion University, Drs Chris van den Borne, mencatat bahwa tahun ini sebanyak 30 mahasiswa Indonesia menuntut ilmu di Saxion. Adapun beberapa perguruan tinggi yang telah berkolaborasi dengannya antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Dipenogoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Petra dan lain-lainnya.

"Di sini mereka bukan hanya belajar dan belajar, tetapi juga bergaul dengan orang-orang dari banyak negara. Kami ingin mereka berkualitas bukan hanya pada nilai akademisnya, tapi juga memanfaatkan ilmunya itu secara luas di dunia internasional, dunia yang kami perkenalkan di sini kepada mereka," kata Chris di ruang kerjanya.

Chris menambahkan, internasionalisasi adalah pergerakan yang masif melalui studi terintegrasi ke seluruh dunia. Untuk itulah, lanjut dia, Saxion berupaya fokus dengan Program Internasional ini.

"Dengan begini, kami ingin pelajar-pelajar kami bukan saja punya skil dan network ke dunia kerja secara internasional, tapi juga bagaimana mereka benar-benar pintar memanfaatkan jaringannya itu," ujar Chris.

Untuk mendukung upaya itu, selain menawarkan tiga jenis beasiswanya andalannya, --yaitu Saxion Top Talent Scholarship, Saxion Talent Scholarship, serta Saxion Excellent Scholarship, Saxion University juga merancang International Traineeships atau program magang internasional untuk siswa yang telah lulus dan masih ingin menetap di Belanda.

"Melalui program ini mereka selama 6 sampai 12 bulan akan bekerja (magang) secara profesional, baik di perusahaan atau organisasi di Belanda. Mereka akan berimprovisasi dengan pengetahuan dan skilnya dalam frame berpikir dan bekerja di tataran internasional," papar Chris.

Mochammad Yusni Aziz, pelajar Indonesia dari program double degree di jurusan Urban and Regional Planning, mengakui hal tersebut. Aziz mengatakan, program International Traineeships sangat ia butuhkan sebagai pelajar internasional di kampus ini, terutama untuk mahasiswa double degree seperti dirinya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com